Kompas TV entertainment film

Menakjubkan, Lebih dari 400 Film Masuk Daftar FFI 2022, Ada KKN di Desa Penari dan Pengabdi Setan 2

Sabtu, 17 September 2022 | 21:53 WIB
menakjubkan-lebih-dari-400-film-masuk-daftar-ffi-2022-ada-kkn-di-desa-penari-dan-pengabdi-setan-2
Rangkaian pendaftaran untuk Festival Film Indonesia FFI 2022 resmi ditutup pada Kamis (15/9/2022) dengan jumlah lebih dari 400 karya yang mendaftar. (Sumber: Parapuan)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rangkaian pendaftaran untuk Festival Film Indonesia FFI 2022 resmi ditutup pada Kamis (15/9/2022) dengan jumlah yang menakjubkan, lebih dari 400 karya.

Komite FFI 2022 seperti laporan Antara, Sabtu (17/9/2022) menerima sebanyak lebih dari 400 karya film, baik film cerita panjang, film pendek, film dokumenter maupun film animasi, dan kritik film secara daring.

Film cerita panjang yang mendaftar sebanyak 74 judul, film non-cerita panjang yang meliputi film cerita pendek sebanyak 309 judul, film animasi pendek 38 judul, film dokumenter pendek 83 judul, dan film dokumenter panjang 13 judul.

Selain itu, Komite FFI 2022 juga menerima karya kritik film sebanyak 135 judul.

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi menyampaikan apresiasi terhadap sineas dan kritikus film yang telah berpartisipasi dalam FFI 2022.

"Jumlah film yang mendaftar menunjukkan bahwa potensi film Indonesia di tahun ini masih sangat kuat, sehingga kami optimistis bahwa industri perfilman Indonesia akan pulih dan bangkit lagi setelah pandemi berakhir," ujar Mahendra dalam siaran resminya, Sabtu (17/9).

Baca Juga: Pengabdi Setan 2 Puncaki Box Office Malaysia dan Tembus 5 Juta Penonton di Indonesia

Rangkaian pendaftaran untuk Festival Film Indonesia FFI 2022 resmi ditutup pada Kamis (15/9/2022) dengan jumlah lebih dari 400 karya yang mendaftar. (Sumber: Kompas)

"Hal ini selaras dengan komitmen yang kami galang untuk pemulihan sektor seni dan budaya dunia melalui Pertemuan Pejabat Tinggi G20 di bidang kebudayaan yang baru saja berlangsung di Magelang beberapa waktu lalu," lanjutnya.

Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya para sineas dan kritikus film yang telah mendaftarkan karyanya di FFI 2022.

Reza mengatakan peserta FFI tahun ini mengangkat tema, gagasan dan latar belakang budaya yang berbeda-beda mulai dari Sumatra hingga Papua.

"Film-film tersebut mengangkat tema lokal dengan beragam budaya dan bahasa. Dengan beragamnya karya yang mendaftar ke FFI 2022 ini, semoga bisa menjadi langkah awal yang baik untuk kemajemukan perfilman Indonesia yang terus bergerak maju," katanya.

Berdasarkan kriteria dan elemen penjurian, potensi nominasi, serta persyaratan administrasi, 30 film cerita panjang yang berhasil lolos Tahap Seleksi Awal adalah adalah "Akhirat: A Love Story", "Autobiography", "Backstage", "Before, Now & Then (Nana)", "Cinta Pertama, Kedua & Ketiga", "Dear Nathan Thank You Salma", "Father and Son", "Gara-Gara Warisan" dan "Inang".


Kemudian "Inang", "Ivanna", "Just Mom", "Kadet 1947", "KKN di Desa Penari", "Losmen Bu Broto", "Mencuri Raden Saleh", "Miracle in Cell No.7", "Naga Naga Naga", "Ngeri-Ngeri Sedap", "Noktah Merah Perkawinan", "One Night Stand", "Pengabdi Setan 2: Communion", "Perjalanan Pertama", dan "Ranah 3 Warna".


Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Graha Lansia Dirobohkan, Warga Demo

Jumat, 11 November 2022 | 22:25 WIB
Berita Daerah

Banjir Rendam Rumah di Kota Jambi

Jumat, 11 November 2022 | 22:20 WIB
Close Ads x