Kompas TV regional berita daerah

Longsor di Kabupaten Semarang Terjang Rumah dan Tutup Akses Jalan

Kamis, 15 September 2022 | 11:06 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Fondasi talud rumah sepanjang 15 meter dengan tinggi enam meter di Kelurahan Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, longsor akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Material tanah yang hanyut bersama air menimpa sebuah rumah milik Suwarno yang berada di bawahnya dan menyebabkan kerusakan parah pada pintu dan atap.

Saat kejadian, Suwarno sedang berada di dalam rumah, sempat mendengar suara gemuruh sebelum longsor terjadi dan menimpa rumahnya. Selain merusak rumah warga, material longsor juga menutup akses jalan kampung dan menutup akses jalan ke Sendang Ngijo. 

"Sudah seperti gempa, suaranya blenggg, terus reruntuhan itu menjatuhi saya, lalu saya bangun seperti mimpi. Terus tangan saya meraba-raba seperti ada puing-puing yang ada di sebelah saya, lalu air menggenang di sebelah kasur saya," ujar Suwarno, korban tanah longsor.

"Saya kira itu petir atau apa, kemudian saya menengok keluar, sudah terbuka. Seperti ada gunung, karena saya bangun tidur jadi kan tidak sadar. Setelah itu saya ambil senter, saya lihat kok pintu sudah terlempar semua kena benturan itu," sahutnya.

Tidak ada korban jiwa atau pun luka dalam peristiwa longsor ini, namun korban mengalami kerugian materiil sekitar Rp 50 juta. Warga diimbau agar selalu waspada terhadap curah hujan yang tinggi, karena Kabupaten Semarang memiliki sejumlah daerah rawan longsor terutama di wilayah perbukitan.

#tanahlongsor #bergaslor #kabupatensemarang


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x