Kompas TV entertainment lifestyle

Viral Raja Charles III Kesal karena Pena Bocor, Ini Cara Mudah Membersihkan Noda Tinta

Kompas.tv - 15 September 2022, 09:56 WIB
viral-raja-charles-iii-kesal-karena-pena-bocor-ini-cara-mudah-membersihkan-noda-tinta
Ilustrasi noda tinta pada pakaian. (Sumber: SHUTTERSTOCK / C.Aphirak via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Raja Charles III kedapatan kesal dan emosi saat upacara penandatanganan di Istana Hillsborough, Irlandia Utara, terkait kunjungannya dalam penghormatan atas kematian sang ibu, Ratu Elizabeth II.

Kali ini ia menggerutu karena noda tinta pena yang ia gunakan untuk tanda tangan sebuah dokumen menempel di tangannya.

Tinta pulpen tak jarang mengenai tangan atau pakaian. Apabila tinta mengenai pakaian, tentu saja hal ini membuat pakaian menjadi kurang menarik dan terkadang sulit dibersihkan.

Untungnya, tinta pulpen lebih mudah dihilangkan daripada tinta spidol permanen. Lantas, seperti apa cara menghilangkan noda tinta pada pakaian?

Baca Juga: Raja Charles III Kesal Tinta Pulpennya Bocor Saat Menandatangani Buku Tamu

Alkohol gosok

Dilansir dari Kompas.com, alkohol gosok dapat menjadi pilihan utama untuk menetralkan dan menghilangkan noda minyak, termasuk tinta pulpen berbasis minyak.

Caranya, oleskan alkohol gosok pada kain bersih atau tisu dapur untuk mulai membasahi area yang bernoda, lalu tepuk-tepuk area tersebut.


 

“Tujuannya, menyerap tinta dan tidak menggosoknya. Jadi, pastikan fokus menciptakan tekanan dan tepuk-tepuk alih-alih mengelap atau menggosoknya,” kata pemilik dan pendiri layanan pembersihan MOP STARS, Guy Peters.

Untuk noda tinta yang sudah lama atau ukurannya lebih besar, rendam area pakaian dengan alkohol gosok selama 10-15 menit. Setelah larutan menghilangkan tinta, bersihkan pakai air sabun.

Baca Juga: Luar Biasa, Ternyata Tinta Pertama Kali Dibuat di Indonesia

Penghapus kuteks

Sebagian besar cat kuku berbasis minyak. Jadi, ada kemungkinan penghapus kuteks bisa membantu membersihkan noda tinta di pakaian.

Namun, perlu diingat penghapus kuteks adalah larutan yang kuat. Jadi, ada kemungkinan penghapus kuteks bisa mengubah tampilan kain.

“Pastikan menguji penghapus kuteks di area tersembunyi sebelum mengoleskannya ke area bernoda tinta,” kata Peters.

Sabun cuci piring

Sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada baju. Namun, sebaiknya digunakan bersama salah satu metode di atas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x