Kompas TV nasional hukum

Bripka RR Ternyata Sita Senjata Brigadir J di Magelang karena Khawatir Kuat Maruf Ditembak

Kompas.tv - 14 September 2022, 20:51 WIB
bripka-rr-ternyata-sita-senjata-brigadir-j-di-magelang-karena-khawatir-kuat-maruf-ditembak
Bripka Ricky Rizal saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di kediaman pribadi Ferdy Sambo, Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Brigadir Kepala Ricky Rizal alias Bripka RR ternyata sempat menyita senjata api milik Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah Ferdy Sambo yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Pengacara Bripka RR, Erman Umar, mengungkapkan alasan kliennya Bripka RR menyita senjata api milik Brigadir J tersebut.

Baca Juga: Selain Kemensesneg, Kamaruddin Ungkap Ferdy Sambo Manfaatkan Ketua Komisi DPR Lobi Menteri Eks Polri

Menurut dia, hal itu dilakukan Bripka RR karena khawatir Brigadir J menembak Kuat Ma'ruf selaku asisten rumah tangga Ferdy Sambo.

Sebab, Brigadir J dan Kuat Maruf sempat terlibat pertengkaran di Magelang. Bahkan, Kuat Maruf sempat mengancam Brigadir J menggunakan pisau saat terjadi selisih paham tersebut.

"Dia (Ricky) berinisiatif jangan sampai terjadi si KM (Kuat Maruf) sudah bawa pisau (ditembak), jangan-jangan sakit hati J berantemlah mereka terjadilah penembakan," kata Erman dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (14/9/2022).

Setelah disita, Erman melanjutkan, senjata Brigadir J kemudian disimpan Bripka RR di kamar anaknya Ferdy Sambo yang berada di lantai atas.

Baca Juga: Bripka RR Merasa Lebih Lega Setelah Ubah Keterangan Lawan Skenario Ferdy Sambo soal Kasus Brigadir J

Menurut Erman, tindakan itu dilakukan Bripka RR karena inisiatif pribadi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Dia berinisiatif ambil senjata si J, simpan di kamarnya anaknya Sambo, di (lantai) atas," ucap Erman.

Erman menjelaskan keterangan Bripka RR mengenai kejadian ini sudah dibuktikan melalui tes poligraf yang dilakukan penyidik dengan menggunakan lie detector beberapa waktu lalu.

"Itu inisiatifnya dan itu terlacak waktu pemeriksaan dengan lie detector. Itu pertanyaan inti disana," ucap Erman.

Seperti diketahui, Bripka Ricky Rizal sebelumnya mengaku melihat asisten rumah tangga Irjen Ferdy Sambo, Kuat Maruf bertengkar dengan Brigadir J di Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bripka RR Mengaku akan Turunkan Brigadir J di Rest Area Jika Tahu Ferdy Sambo Rencanakan Pembunuhan

Bripka RR melalui kuasa hukumnya Erman Umar, mengatakan tidak mengetahui jelas penyebab keduanya bertengkar.

"Yang saya (Bripka Ricky Rizal) tahu hanya kayak pertengkaran Kuat sama Yosua. Dan apakah ada di balik itu saya nggak tahu," kata Erman kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Erman menuturkan bahwa pertengkaran tersebut lantaran Kuat Maruf pernah memergoki Brigadir J mengendap naik turun tangga di Magelang.


Namun, Erman mengatakan kliennya tidak mengetahui apakah hal itu terkait pelecehan seksual atau tidak.

"Karena kesannya Kuat, si Yosua pernah dia lihat kayak ngendap naik turun tangga, ditanya ada apa, dia lari," ujar Erman.



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x