Kompas TV nasional politik

Effendi Simbolon: Saya Sudah Ketemu Panglima TNI, tapi Belum Direspons KSAD

Kompas.tv - 14 September 2022, 13:47 WIB
effendi-simbolon-saya-sudah-ketemu-panglima-tni-tapi-belum-direspons-ksad
Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyatakan, dirinya telah bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menjelaskan ucapannya TNI seperti gerombolan.

Diketahui, sejumlah prajurit TNI AD tak terima dengan ucapan Effendi yang menyatakan mereka seperti gerombolan.

Baca Juga: Effendi Simbolon Minta Maaf Setelah Sebut TNI Gerombolan

"Betul, dua hari yang lalu saya WA (WhatsApp) ke Panglima dan KSAD untuk mohon waktu dan direspons oleh Panglima. Kemudian, kemarin saya jam 12 ada di kantor beliau, saya ingin poin menanyakan, sikap-sikap dari TNI, dan juga saya menyampaikan maaf saya," kata Effendi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/9/2022). 

Namun, dirinya belum bertemu dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Sebab, yang bersangkutan belum membalas pesan singkat yang dikirim oleh dirinya. 


"Nah ke Pak Dudung, belum direspons. Saya sudah minta waktu, saya akan hadir sendiri. Saya bertanggung jawab terhadap apa yang saya sampaikan, saya bertanggung jawab apa yang menjadi sikap yang saya sampaikan."

"Tapi sekali lagi, misi saya datang untuk meminta maaf, dan saya sudah sampaikan ke pak Panglima, memang ke pak KSAD belum langsung, karena belum ada waktu, beliau," ujarnya.

Politikus PDIP itu menjelaskan, Jenderal Andika bisa menerima alasan yang bersangkutan ihwal pernyatannya TNI seperti gerombolan. 

"Dan pak Panglima menyampaikan, tidak ada masalah. Jadi sangat clear. Nanti silakan teman-teman menanyakan langsung. Ada lebih elok kalau yang bersangkutan yang menyampaikannya," katanya. 

Sebelumnya, aksi kemarahan ditunjukkan seorang yang mengaku prajurit TNI Angkatan Darat (AD) bernama Kopral Dua Arif melalui sebuah video yang diunggahnya ke media sosial.

Dia mengaku tidak terima dengan pernyataan Effendi yang menyebut TNI seperti gerombolan, menurutnya hal itu dianggap menyinggung institusi TNI.

"Hei, kau, Effendi Simbolon, anggota dewan Komisi I DPR RI. Saya Kopral Dua, saya tidak terima TNI dibilang seperti gerombolan," kata Kopral Dua Arif, dalam video yang beredar di media sosial, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Ramai-ramai Prajurit TNI AD Kecam Effendi Simbolon, Buntut Pernyataan TNI Seperti Gerombolan

Arif pun kemudian meminta anggota DPR RI dari PDI Perjuangan ini untuk segera meminta maaf secara terbuka atas ucapannya tersebut.

"Saya minta, kamu segera minta maaf secara terbuka kepada TNI," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x