Kompas TV regional berita daerah

Harga BBM Mahal, Siswa SMK Ciptakan Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji

Kompas.tv - 14 September 2022, 11:36 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Di tengah kenaikan harga BBM, sekelompok pelajar SMK di Kabupaten Jember Jawa Timur membuat inovasi sepeda motor bertenaga gas elpiji dan hybrid. Kini sepeda motor itu digunakan sebagai kendaraan operasional sekolah yang ramah lingkungan.

Sekilas sepeda motor roda tiga itu sama dengan kendaraan pada umumnya. Namun yang membedakan, bahan bakarnya, yakni menggunakan gas elpiji. Sepeda motor berbahan bakar gas elpiji merupakan karya siswa SMK Teknologi Kecamatan Balung Kabupaten Jember.

Baca Juga: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Sindir Ultah Puan Maharani Di Gedung DPR

Mereka memodifikasi karburator sepeda motor dengan selang khusus, yang dapat menghubungkan aliran gas elpiji ke sistem ruang bakar mesin. Dengan modifikasi itu, motor bertenaga gas elpiji bisa dioperasikan.

Motor berbahan bakar gas elpiji lebih irit dibandingkan dengan motor berbahan bakar pertalite maupun pertamax. Satu tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram dapat menempuh perjalanan hingga 300 kilometer dengan kecamatan maksimal 50 kilometer per jam.

Mereka juga membuat sepeda motor berteknologi hybrid yang memadukan tenaga mesin dan listrik. Energi yang dihasilkan berfungsi sebagai pendorong dan penggerak mesin sekaligus mengisi daya baterai beraliran listrik sehingga motor dapat berjalan.

Baca Juga: Dampak Harga BBM Naik, Harga Cabai Tembus 60 Ribu Rupiah

Inovasi itu diharapkan dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak di tengah melambungnya harga BBM.

#SepedaMotor #GasElpiji #SiswaSMK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x