Kompas TV internasional kompas dunia

Saat Elizabeth II dan Philip Berlibur ke Bali dan Yogyakarta, Saksikan Tari Kecak, Sambangi Keraton

Kompas.tv - 11 September 2022, 19:32 WIB
saat-elizabeth-ii-dan-philip-berlibur-ke-bali-dan-yogyakarta-saksikan-tari-kecak-sambangi-keraton
Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Phillip menyaksikan tari barong dan kecak di Singapadu, Bali, 15 Maret 1974. (Sumber: Piet Warbung/Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ratu Elizabeth II tutup usia setelah menjadi pemimpin monarki terlama Inggris Raya, 70 tahun sejak 1952 hingga 2022. Sang ratu memiliki kenangan tersendiri atas Indonesia ketika masih berkuasa.

Pada 1974 silam, tepatnya pada 15-22 Maret, Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, melakukan kunjungan resmi ke Indonesia.

Sebelum disambut Presiden Soeharto di Jakarta, Elizabeth dan Philip menyempatkan diri mengunjungi Pulau Bali terlebih dulu.

Menurut laporan Harian Kompas, Elizabeth mengunjungi Indonesia saat berusia 48 tahun. Ia tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada 14 Maret 1974 pukul 17.50 WITA.

Baca Juga: Jenazah Ratu Elizabeth II Berangkat dari Balmoral, Tempuh Perjalanan Darat 6 Jam ke Edinburgh

Pangeran Philip dan pamannya, Earl Mounbatten, yang tiba tiga jam lebih dulu menyambut Elizabeth II di bandara. Mereka menaiki tangga pesawat Super VC-10 untuk menyambut langsung sang ratu.

Sementara itu, jajaran pejabat Indonesia beserta duta besar Inggris Raya untuk Indonesia turut hadir dalam penyambutan di bandara.

Pangeran Philip sendiri mendahului Elizabeth menggunakan kapal pesiar Britannia milik Kerajaan Inggris Raya. Philip dan istrinya pun menghabiskan malam di Bali di kapal tersebut.

Pada 15 Maret 1974, Ratu Elizabeth II dan rombongan berkeliling Bali. Rombongan menyambangi Singapadu untuk menyaksikan tari barong dan kecak.

Kemudian, Elizabeth II mampir untuk istirahat makan siang di Wisma Merdeka, Istana Kepresidenan Tampak Siring, Bali.




Sumber : Kompas TV/Harian Kompas/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x