Kompas TV olahraga sepak bola

Kiper Jeremias Ledesma "Pahlawan" Pertandingan Cadiz kontra Barcelona

Kompas.tv - 11 September 2022, 09:57 WIB
kiper-jeremias-ledesma-pahlawan-pertandingan-cadiz-kontra-barcelona
Penjaga Gawang Jeremias Ledesma berlari membawa peralatan medis untuk membantu fan yang pingsan di tribun dalam pertandingan Cadiz vs Barcelona, di Estadio Nuevo Mirandilla, Sabtu (10/9/2022) malam WIB. (Sumber: CRISTINA QUICLER / AFP)(CRISTINA QUICLER)/Kompas.com)
Penulis : Purwanto

 

KOMPAS.TV - Kiper Cadiz Jeremias Ledesma bertindak heroik dalam laga timnya kontra Barcelona Sabtu (11/09/2022).

Ia memang tak mampu menyelamatkan gawang Cadiz dari kebobolan empat gol oleh Barcelona.

Namun Kiper dari Argentina ini ikut dalam penyelamatan gemilang pada seorang penonton yang pingsan di tribun Estadio Nuevo Mirandilla.

Pertadingan sudah berjalan 81 menit. Barcelona memimpin dua gol. Sejumlah pemain, mengetahui adanya rebut-ribut yang tak wajar di tribun penonton, memperingatkan wasit adanya keadaan darurat medis.

Sejumlah pemain terdiam menatap ke tribun. Kiper berjersey “Conan” ini berlari ke ruang istirahat. Tampak dari video yang beredar, ia mengambil defibrillator dari tim medis Cadiz.

Pemain Argentina itu kemudian berlari ke sudut lapangan, dekat lokasi penonton yang pingsan itu. Defibrillator dilemparkan ke arah kru medis di tribun.

Di samping Ledesma, tampak bek Barca Ronald Araujo berdoa untuk pendukung sepakbola yang pingsan itu.

Rekan setim Ledesma, Josi Mari, tak kalah cepat bertindak. Ia membantu pramugara berlari membawa tandu ke arah tribun, agar penonton segera ditangani juru medis.

Untuk memastikan kondisi, wasit memutuskan menghentikan pertandingan. Para pemain diminta masuk ke ruang ganti. 

Presiden Cadiz Manuel Vizcaino memastikan penonton yang pingsan sudah dalam keadaan baik. 

"Penggemar pertama yang pingsan telah memulihkan denyut nadinya dan mereka membawanya pergi dengan ambulans,” kata Vizcaino sebagaimana dikutip Metro.uk. “Dia bangkit, dia jatuh lagi, tetapi pada akhirnya mereka berhasil menstabilkannya.”

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengomentari tentang penghormatan atas peristiwa kemanusiaan semacam itu dalam sepakbola. "Kami semua setuju untuk menghentikan [permainan]."

"Hal semacam ini melampaui sepak bola, kita berbicara tentang kehidupan manusia di sini. Untungnya mereka berhasil menyelamatkannya," kata Xavi seperti dikutip BBC.

Pertandingan pun dilanjutkan sekitar satu jam kemudian. Hingga pertandingan berakhir, Barcelona unggul 4-0 atas Cardiz. Keempat gol itu dicetak Frenkie de Jong, Robert Lewandowski, Ansu Fati dan Ousmane Dembele.



Sumber : Kompas TV/METRO/BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x