Kompas TV internasional kompas dunia

Cerita Raja Charles di Mata Pelayannya: Tidak Minum Alkohol, Benci Rokok, Suka Minum Jamu

Kompas.tv - 10 September 2022, 10:31 WIB
cerita-raja-charles-di-mata-pelayannya-tidak-minum-alkohol-benci-rokok-suka-minum-jamu
Dalam foto bertanggal 14 Oktober 2019, Ratu Elizabeth II, bersama Pangeran Charles, menyampaikan Pidato Ratu dalam State Opening of Parliament di London, Inggris. Charles dinobatkan sebagai raja pada Kamis, 8 September 2022, setelah ibundanya, Ratu Elizabeth II, wafat. (Sumber: Victoria Jones/Pool via AP, File)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris, posisinya digantikan oleh Pangeran Charles yang merupakan anak kandungnya dengan Pangeran Philip.

Charles menjadi Raja Charles III dalam usia 73 tahun. Ia menjadi pangeran yang naik tahta dengan usia tertua dalam sejarah Inggris.

Sejak menjadi putra mahkota di masa mudanya, banyak sisi kehidupan Charles ditulis dan diungkap ke publik, selain tentang pernikahannya dengan mendiang Lady Diana.

Salah seorang pelayan pribadi Raja Charles III di masa muda adalah Stephen P. Barry, yang mengabdi selama 12 tahun, dan mengundurkan diri pada tahun 1986.

Barry mengungkapkan pengalamannya menjadi pelayan Charles dalam buku "Royal Service, My Twelve Years as Valet to Prince Charles," (1986) yang kemudian dikutip majalah Intisari setahun kemudian.

Baca Juga: Profil Raja Inggris Charles III, Galak Isu Lingkungan dan Warisan Budaya, Kerap Dituding Ikut Campur


Dalam buku tersebut, Barry mengungkap banyak kehidupan pribadi Charles yang kala itu masih menjadi putra mahkota. Salah satu yang diceritakannya adalah urusan dapur, makanan dan minuman. 

Sebagai anggota keluarga kerajaan, Charles tidak pernah masuk ke dapur. Bahkan dia pernah lupa jalan menuju ke dapur.

Yang cukup sering datang ke dapur adalah Lady Diana, istri pertama Charles. Diana tak pernah memberi tahu bila akan ke dapur sehingga sering mengagetkan pelayan dan koki.

Sementara mendiang Ratu Elizabeth II akan memberi tahu bila akan ke dapur. Saat diberi tahu, para pelayan harus segera berbenah untuk membereskan peralatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x