Kompas TV regional berita daerah

Berikut Hasil Investigasi Komnas HAM Papua Soal Pembunuhan Warga Mimika

Kompas.tv - 7 September 2022, 17:05 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kurang lebih empat hari melakukan investigasi, Komnas HAM perwakilan Papua akhirnya mengumumkan hasil investigasi pembunuhan disertai mutilasi terhadap empat warga Nduga di Kabupaten Mimika, Papua.

Dari hasil investigasi yang dilakukan, Komnas HAM Papua memastikan bahwa keempat korban tidak berafiliasi dengan kelompok kriminal bersenjata yang dituduhkan selama ini. Bahkan salah satu korban pembunuhan merupakan kepala kampung aktif di Kabupaten Nduga, Papua.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan terhadap keenam tersangka dari TNI diketahui bahwa kasus pembunuhan disertai mutilasi empat warga ini sudah direncanakan dua hari sebelum kejadian.

Dengan hasil temuan ini, Komnas HAM memastikan bahwa kasus pembunuhan empat warga ini merupakan kejahatan kemanusiaan dan memenuhi unsur pelanggaran HAM berat karena direncanakan dan dilakukan oleh Aparat Negara.

Komnas HAM juga meminta Kepolisian Polres Mimika untuk segera menangkap pelaku R yang masih kabur karena diduga kuat merupakan salah satu aktor utama yang ikut merencanakan pembunuhan empat warga tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x