Kompas TV nasional update

Aturan Seleksi Masuk PTN Berubah, Ini Rinciannya

Kompas.tv - 7 September 2022, 14:50 WIB
aturan-seleksi-masuk-ptn-berubah-ini-rinciannya
Kemendikbud Ristek mengubah aturan pelaksanaan jalur-jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (Sumber: youtube kemendikbud ri)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengubah aturan pelaksanaan jalur-jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sebagaimana diketahui, terdapat tiga seleksi masuk PTN yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri PTN.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam hal ini mengungkapkan, ada sejumlah prinsip perubahan, antara lain mendorong pembelajaran yang menyeluruh, lebih berfokus pada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik.

"Perlu ada perubahan lebih inklusif, agar meminimalisir diskriminasi dari mereka yang ekonominya mampu, dengan yang tidak memiliki kemampuan ekonomi," Kata Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN, Rabu (7/9/2022) yang disiarkan lewat kanal Youtube Kemendikbud RI.

Aturan baru SNMPTN 2023

Semula, jalur seleksi SNMPTN ini memisahkan calon mahasiswa berdasarkan jurusan di pendidikan sebelumnya. Siswa dibatasi berdasarkan pilihan jurusan saat di sekolah dan mata pelajaran dan nilai tertentu dalam seleksi jalur ini. 

Hal itu membuat siswa dan guru hanya fokus pada mata pelajaran yang masuk dalam penilaian SNMPTN . "Padahal di masa depan, peserta didik sangat membutuhkan kompetensi yang holistik dan multidisiplin," ungkap Nadiem.

Tidak ada pekerjaan yang membutuhkan satu ilmu saja. Contohnya, insinyur yang membutuhkan ilmu dasar teknik tetapi juga membutuhkan ilmu tentang desain.  Ada juga pengacara yang wajib mengetahui ilmu dasar hukum namun juga perlu memiliki pengetahuan tentang cara berkomunikasi yang baik. 

Agar siswa bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan, aturan pelaksanaan SNMPTN tahun depan diubah, yakni:

1. Minimal 50 persen rata-rata rapor seluruh mata pelajaran




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x