Kompas TV nasional peristiwa

Penjelasan Lengkap Ponpes Gontor soal Tewasnya Santri Diduga Dianiaya Sesama Teman

Kompas.tv - 6 September 2022, 14:04 WIB
penjelasan-lengkap-ponpes-gontor-soal-tewasnya-santri-diduga-dianiaya-sesama-teman
Noor Syahid, jubir ponpes Gontor buka suara soal tewasnya seorang santri diduga akibat penganiayaan (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

PONOROGO, KOMPAS.TV - Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (Ponpes Gontor) memberikan penjelasan lengkap tentang meninggalnya AM (17 tahun), santri Ponpes Gontor 1, Ponorogo, Jawa Timur.  AM, seorang warga Palembang Sumatera Selatan, meninggal diduga akibat dianiaya sesama santri yang lebih senior. 

Noor Syahid, Jubir Ponpes Gontor menjelaskan, pihaknya sudah mengeluarkan santri yang diduga menganiaya AM hingga berujung kematian pada 22 Agustus 2022. 

"Kami juga meminta maaf kepada orangtua dan keluarga almarhum, jika dalam proses pengantaran jenazah dianggap tidak jelas dan tidak terbuka," kata Jubir ponpes Gontor Noor Syahid, dalam tayangan program Sapa Pagi Kompas TV, Selasa (6/9/2022). 

Sebagai informasi, keluarga AM mengaku menemukan sejumlah kejanggalan atas meninggalnya AM pada tanggal 22 Agustus 2022. 

Kabar meninggalnya AM sampai ke ibunya, Soimah dari Ustaz Agus, pengasuh Gontor 1 pada Senin (22/8/2022) sekitar pukul 10.20 WIB.

Namun wali santri lain memberi laporan kepada Soimah bahwa AM bukan meninggal karena kelelahan.

Pihak keluarga akhirnya meminta peti jenazah AM dibuka. Keluarga lantas melihat kondisi korban bukanlah meninggal akibat kelelahan, tetapi diduga akibat kekerasan.

“Sungguh sebagai ibu saya tidak kuat melihat kondisi mayat anak saya, demikian begitu juga dengan keluarga. Amarah tak terbendung, kenapa laporan yang disampaikan berbeda dengan kenyataan yang diterima. Karena tidak sesuai, kami akhirnya menghubungi pihak forensik dan pihak rumah sakit sudah siap melakukan autopsi,” ujarnya Senin (5/9/2022) dilansir kompas.com

Pihak Ponpes Gontor akhirnya mengakui adanya dugaan kekerasan tersebut. Pihak Ponpes menyebutkan dalam keterangannya akan kooperatif dengan penegak hukum 

Baca Juga: Kemenag Buka Suara Tewasnya Santri Gontor Diduga Dianiaya: Kekerasan Tidak Bisa Dibenarkan

Penjelasan Lengkap Ponpes Gontor 

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Semoga rahmat, karunia dan ridho Allah SWT selalu tercurah kepada kita semua.

Atas nama Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, saya selaku juru bicara pondok, dengan ini menyampaikan beberapa hal terkait wafatnya Almarhum Ananda AM, santri Gontor asal Palembang, pada hari Senin pagi, 22 Agustus 2022. Yaitu sebagai berikut:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x