Kompas TV feature news or hoax

Hoax Mengenai Kapal Diterjang Ombak Tinggi - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 6 September 2022, 12:36 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar unggahan video yang memperlihatkan sebuah kapal diterjang ombak tinggi dengan suara tangisan ibu dan anak yang memohon agar diberi keselamatan. Pada narasi video juga ditulis narasi plis guys doa untuk semua orang ya Allah, tolong ini semua Amin.

Video yang beredar tidak memperlihatkan kapal yang akan tenggelam. Kapal pada video tersebut adalah kapal milik penjaga pantai Amerika Serikat atau US Coast Guard yang sedang melakukan surf training. terlihat tulisan US Coast Guard pada badan kapal dan video tersebut juga diunggah pada kanal youtube US Coast Guard yang diunggah pada 8 Januari 2020 lalu.

Pada keterangan video dituliskan stasiun USCG Teluk Yaquina di Newport or pelatihan selancar dari 19 Desember 2020. Berdasarkan deskripsi pada video rekaman latihan selancar atau surfing training dilakukan penjaga pantai AS di Teluk Yaquina pada Desember 2019 sampai Januari 2020. Pada video juga tidak terdengar suara ibu dan anak yang menangis dan meminta keselamatan.

Suara tangisan berasal dari rekaman lain yang ditempelkan ke video asli. Jadi, video yang memperlihatkan sebuah kapal diterjang ombak tinggi dengan suara tangisan ibu dan anak yang memohon agar diberi keselamatan adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x