Kompas TV internasional kompas dunia

Barack Obama Setengah Jalan menuju Status EGOT setelah Raih Emmy Award jadi Narator Dokumenter

Kompas.tv - 5 September 2022, 14:56 WIB
barack-obama-setengah-jalan-menuju-status-egot-setelah-raih-emmy-award-jadi-narator-dokumenter
Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama setengah jalan mendapatkan status EGOT, status paling bergengsi di dunia seni Amerika Serikat. Obama baru saja memenangkan Penghargaan Emmy Award pada hari Sabtu, (3/9/2022) untuk disandingkan dengan dua piala Grammy-nya. (Sumber: Netflix)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

LOS ANGELES, KOMPAS.TV — Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama setengah jalan mendapatkan status EGOT, status paling bergengsi di dunia seni Amerika Serikat.

EGOT adalah singkatan dari Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony — nama dari empat penghargaan AS paling bergengsi di televisi, rekaman, film, dan teater Broadway.

Setelah seseorang memenangkan keempat penghargaan, mereka memiliki apa yang disebut sebagai status EGOT

Mantan presiden Barack Obama baru saja memenangkan Penghargaan Emmy Award pada hari Sabtu, (3/9/2022) untuk disandingkan dengan dua piala Grammy-nya, seperti laporan Associated Press, Senin, (5/9/2022).

Obama memenangkan narator terbaik Emmy award untuk karyanya di serial dokumenter Netflix, "Taman Nasional Besar Kami, atau Our Great National Parks,"

Serial yang ditayangkan Netflix itu terdiri dari lima episode, yang menampilkan taman nasional dari seluruh dunia, diproduksi oleh perusahaan produksi milik Barack dan Michelle Obama, "Higher Ground."

Baca Juga: Penilaian Barack Obama Tentang Putin di Tengah Invasi ke Ukraina

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama setengah jalan mendapatkan status EGOT, status paling bergengsi di dunia seni Amerika Serikat. Obama baru saja memenangkan Penghargaan Emmy Award pada hari Sabtu, (3/9/2022) untuk disandingkan dengan dua piala Grammy-nya (Sumber: People Magazine)

Obama adalah salah satu nama terbesar dalam kategori yang penuh dengan nominasi kelas berat dunia untuk penghargaan yang diberikan pada Emmy Creative Arts hari Sabtu malam, diantaranya termasuk Kareem Abdul-Jabbar, David Attenborough dan Lupita Nyong'o.

Barack Obama adalah presiden kedua yang meraih Emmy Award.

Dwight D. Eisenhower mendapat Penghargaan Emmy khusus pada tahun 1956.

Barack Obama sebelumnya memenangkan Grammy Awards atas narasinya dalam audiobook dari dua memoarnya, "The Audacity of Hope" dan "Dreams From My Father."

Michelle Obama memenangkan Grammy Award-nya sendiri karena membaca buku audionya pada tahun 2020.

Baca Juga: Hadir di Pesta Ultah Obama, Beyonce Pakai Dress Buatan Desainer Indonesia Peggy Hartanto

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama setengah jalan mendapatkan status EGOT, status paling bergengsi di dunia seni Amerika Serikat. Obama baru saja memenangkan Penghargaan Emmy Award pada hari Sabtu, (3/9/2022) untuk disandingkan dengan dua piala Grammy-nya(Sumber: CNN)

Hingga saat ini, sudah 17 orang yang berstatus EGOT.

Almarhum Chadwick Boseman juga memenangkan Emmy award untuk narasi suaranya.

Aktor "Black Panther" itu menang untuk sulih suara karakter yang luar biasa untuk acara animasi Disney+ dan Marvel Studios "What If...?"

Di acara itu, Boseman menyuarakan karakter "Black Panther" T'Challa di alam semesta alternatif di mana ia menjadi Star-Lord dari "Guardians of the Galaxy."

Itu adalah salah satu proyek terakhir untuk Boseman, yang meninggal pada tahun 2020 karena kanker usus besar pada usia 43 tahun.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x