Kompas TV regional berita daerah

Kreatif Dengan Busana Kain Nusantara & Daur Ulang

Kompas.tv - 2 September 2022, 13:07 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Kreatif dan inovatif,  inilah cara para desainer untuk bangkit membangun perekonomian, berkreasi dengan kain tradisional atau wastra nusantara. Berbagai desain busana dilahirkan para desainer, mulai dari busana casual, etnik hingga pesta. Desainer ini yakin dengan berkreasi, mereka dapat melestarikan wastra nusantara dengan berbagai kain tradisional, mulai dari endek,  songket hingga kain ulos. Seperti desainer Athan Siahaan, desainer asal Batak ini yakin dengan berkarya ia dapat meningkatkan perekonomian, mulai dari perajin kain tradisional, penjahit, hingga para desainer.

Tidak hanya keindahan busana wastra nusantara, keindahan busana juga terlihat dari bahan daur ulang. Adalah Lenny Hartono. Desainer Bali ini membuat desain busana dari perca kain batik yang dipadupadankan dengan busana jeans yang sudah terpakai. Tak ayal desain ini menjadi lebih trendy dan modern. Tidak hanya itu, wanita tangguh ini juga mendesain busana dari bahan daur ulang, yakni dari plastik wraping yang bisa dipergunakan untuk pembungkus benda elektronik. Ide ini pun muncul dari banyaknya bahan bekas yang jika dikreasikan akan lebih berguna,  terlebih dikombinasikan dengan trend busana.

Bagi masyarakat yang ingin mempergunakan busana dan tampil cantik, beberapa desainer memberi tips. Jangan takut untuk tampil beda dan juga lebih berani dalam bermain warna. Kreativitas tentunya dapat menghasilkan sebuah mahakarya seperti busana, yang dapat meningkatkan perekonomian.

 

 

 

 

 

 

 

#busanakreatif  #kainnusantara  #busanadaurulang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x