Kompas TV TALKSHOW satu meja

Layakkah Sambo Dihukum Mati - SATU MEJA

Kamis, 1 September 2022 | 17:51 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sudah hampir dua bulan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat bergulir. Perlahan teka-teki soal kronologis dan motif pembunuhan mulai terkuak. Polisi pun telah menetapkan lima tersangka kasus ini, termasuk Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan istrinya Putri Chandrawati.

Tak hanya itu Komisi Kode Etik Polri juga telah menjatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat kepada Sambo.

Kini publik menunggu proses hukum selanjutnya kepada Ferdy Sambo dan para tersangka lain. Rekonstruksi ulang telah dilakukan. Tak lama lagi kasus ini akan bergulir ke kejaksaan dan kemudian masuk ke pengadilan.

Survey terbaru Indikator Politik menunjukan mayoritas masyarakat Indonesia setuju mantan jenderal bintang dua berusia 49 tahun itu dihukum mati. Pasal di KUHP yang digunakan untuk mentersangkan Sambo, memang memuat ancaman hukuman tersebut.

Namun apakah putusan pengadilan nanti akan memenuhi ekspektasi publik? Bagaimana kemungkinan penerapan hukuman mati yang masih menjadi kontroversi ini, terhadap Sambo? Lalu, apakah hukuman yang pantas untuk Ferdy Sambo, serta para tersangka lain?

Untuk membahasnya jurnalis senior Budiman Tanuredjo bakal berbincang dengan dengan sejumlah narasumber kredibel yaitu Mantan Hakim Agung Gayus Lumbuun, Direktur Indikator Politik Burhanudin Muhtadi, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, dan Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Usman Hamid.

Simak dialog lengkapnya di Satu Meja The Forum bertajuk “Layakkah Sambo Dihukum Mati?”, Rabu 31 Agustus 2022, pukul 20.30 WIB, hanya di Kompas TV Independen Tepercaya.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x