Kompas TV nasional peristiwa

Temuan Faktual Komnas HAM, Ada Dugaan Kekerasan Seksual Brigadir J ke Putri Candrawathi di Magelang

Kompas.tv - 1 September 2022, 17:16 WIB
temuan-faktual-komnas-ham-ada-dugaan-kekerasan-seksual-brigadir-j-ke-putri-candrawathi-di-magelang
Sosok Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo. Komnas HAM mengungkap temuan faktual adanya dugaan kekerasan seksual yang dilakukan mendiang Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terhadap Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) HAM mengungkap temuan faktual adanya dugaan kekerasan seksual yang dilakukan mendiang Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terhadap Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah.

Berdasar dari pemeriksaan sejumlah saksi, kekerasan seksual yang dilakukan Brigadir J diduga dilakukan saat Ferdy Sambo tidak berada di Magelang.

“Peristiwa Magelang pada 7 Juli 2022 sekitar pukul 00.00 WIB adanya perayaan hari ulang tahun pernikahan saudara FS dan saudari PC,” ucap Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, Kamis (1/9/2022) yang dipantau dari program Breaking News di Kompas TV.

“Pada tanggal yang sama terdapat dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap saudari PC (Putri Candrawathi) dimana saudari FS (Ferdy Sambo) pada saat yang sama tidak berada di Magelang.”

Baca Juga: Cerita Komnas HAM soal Rekonstruksi: Kuat dan Bripka RR Bantah Lihat Ferdy Sambo Tembak Brigadir J

Dari kejadian tersebut, Choirul menuturkan ada ancaman terhadap Brigadir J.

Ancaman itu terjadi setelah saudari Susi dan Kuat Ma’ruf membantu Putri Candrawathi masuk ke dalam kamar paska-peristiwa dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J.

Temuan faktual selanjutnya adalah pada Jumat, 8 Juli 2022, dimana Putri Candrawathi dan sejumlah ajudan termasuk Brigadir J berangkat dari Magelang ke Jakarta menggunakan dua mobil.

Dalam perjalanan Magelang, lanjut Choirul Anam, Putri Candrawathi tidak berada satu mobil dengan Brigadir J.

“Saudari PC berada di mobil yang berbeda dengan saudara Brigadir J. Saat rombongan saudari PC sampai di rumah Sangguling, saudara FS telah berada di rumah,” ucap Choirul Anam.

Baca Juga: Komnas HAM Bocorkan Ada Adegan Terpotong Kuat Tegur Brigadir J Mau Bopong Putri Candrawathi




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x