Kompas TV entertainment selebriti

Dianggap Tingkatkan Citra Negara, Korea Selatan Pertimbangkan Pengecualian Wajib Militer untuk BTS

Kompas.tv - 1 September 2022, 05:45 WIB
dianggap-tingkatkan-citra-negara-korea-selatan-pertimbangkan-pengecualian-wajib-militer-untuk-bts
Korea Selatan pertimbangkan pengecualian wajib militer untuk personel BTS. (Sumber: Soompi)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

SEOUL, KOMPAS.TV — Korea Selatan adalah negara yang mewajibkan semua warga laki-laki untuk melakukan wajib militer. Namun untuk personel BTS, Korea Selatan dapat melakukan survei publik untuk menentukan, apakah BTS bisa mendapatkan pengecualian wajib militer.

Seperti dikutip dari The Associated Press, masalah wajib militer untuk tujuh anggota BTS menjadi topik hangat di Korea Selatan. Salah satu anggota BTS tertua, Jin, akan memasuki usia 30 tahun pada Desember mendatang. Sesuai aturan di Korea Selatan, dia seharusnya akan menjalani wajib militer.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia memerintahkan para pejabat untuk melaksanakan survei dengan cepat. Dia mengatakan kementeriannya juga akan melihat berbagai faktor lain seperti dampak ekonomi BTS, pentingnya dinas militer dan kepentingan nasional secara keseluruhan.

Setelah komentarnya menimbulkan kegemparan, kementeriannya mengklarifikasi dalam sebuah pernyataan bahwa Lee memerintahkan para pejabat untuk mengetahui apakah survei semacam itu diperlukan, bukan segera melakukan survei.

Baca Juga: 3 Konten BTS yang Bakal Tayang di Disney+ Hotstar, Catat Tanggal Tayangnya!

Kemudian para pejabat diminta untuk mempelajari rincian tentang survei seperti lembaga mana yang akan bertanggung jawab untuk melakukan survei, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan siapa yang akan disurvei.

Pernyataan itu mengatakan jika survei dilakukan, maka akan dilaksanakan oleh pihak ketiga, bukan oleh kementerian atau otoritas terkait. Hal ini dilakukan untuk memastikan keadilan pada survey tersebut.

Kementerian mengatakan hasil survei akan menjadi salah satu dari banyak faktor yang menentukan status militer anggota BTS.

Secara hukum, semua pria berbadan sehat di Korea Selatan harus menjalani wajib militer selama 18-21 bulan di bawah sistem wajib militer. Sistem ini dibentuk untuk menghadapi ancaman dari Korea Utara. Namun negara memberikan pengecualian kepada atlet, pemusik klasik modern dan tradisional, serta para penari dan seniman lainnya yang dianggap telah mengangkat nama negara.

Baca Juga: Dibalik Nama ARMY Sebutan untuk Penggemar BTS, Ada Makna yang Mendalam

Mereka yang dikecualikan dari wajib militer, tetap harus menjalani pelatihan dasar selama tiga minggu. Mereka juga diharuskan melakukan 544 jam kerja sukarela dan mengabdi di bidang profesinya masing-masing selama 34 bulan.

Beberapa politisi berpandangan pengecualian wajib militer untuk BTS, karena mereka dianggap telah meningkatkan citra Korea Selatan di mata dunia secara signifikan.

Sebuah survei swasta yang dilakukan awal tahun ini, menunjukkan sekitar 60 persen responden mendukung pembebasan militer untuk anggota BTS. Tetapi survei swasta lainnya pada tahun 2020 menunjukkan pengecualian untuk BTS hanya didukung 46 persen sementara 48 persen menentangnya.
 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x