Kompas TV advertorial

HUT ke-276, Pos Indonesia Berkomitmen dalam Inovasi dan Transformasi

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 09:52 WIB
Penulis : Adv Team

 

KOMPAS.TV – Dalam rangka merayakan hari jadi ke-276, Pos Indonesia berkomitmen terus melakukan inovasi dan transformasi bagi bangsa Indonesia.

Selama 276 tahun berkiprah melayani kebutuhan masyarakat Indonesia, Pos Indonesia senantiasa bertekad memberikan pelayanan terbaik. Komitmen ini disampaikan Tonggo Marbun selaku Direktur SDM dan Umum / PLT Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero).

Menurut Tonggo, resolusi yang paling penting adalah dengan mengidentifikasi berbagai macam layanan yang fiturnya bisa ditingkatkan.

Hal ini didasari kenyataan bahwa teknologi semakin berkembang seiring dengan banyak perubahan yang sudah ditinggalkan masyarakat. Misalnya, pos surat dan kartu pos yang sudah tidak banyak digunakan lagi oleh masyarakat.

Pos Indonesia juga selalu berupaya untuk meningkatkan sistem dan layanan dari premis yang dimiliki saat ini. Sebagai contoh, Pos Indonesia menghadirkan Pospay yang bertujuan memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi dan mengatur keuangan.

Baca Juga: Pos Indonesia: Dirgahayu Ke-77 Tahun Republik Indonesia, Pulih Lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat

Dari sini, Pos Indonesia juga turut memberikan lapangan pekerjaan untuk para tenaga kerja muda Indonesia khususnya di bidang digital. Pos Indonesia mengaku telah menghapuskan berbagai persyaratan rumit agar generasi muda bisa bergabung untuk turut berinovasi di Pos Indonesia.

Tidak perlu harus berasal dari universitas tertentu atau dengan IPK tertentu untuk bisa bergabung di Pos Indonesia. Generasi muda bisa memikat para perekrut cukup dengan memiliki talent digital yang dicerminkan dalam portfolio.

Dengan demikian, diharapkan dapat mendorong anak muda untuk lebih bisa berinovasi bagi bangsa melalui Pos Indonesia, terutama di bidang IT.

Di sisi lain, Pos Indonesia juga secara luas dikenal dengan rangkaian program bantuan sosial. Meskipun sempat mendapatkan pujian langsung dari Presiden RI, Pos Indonesia meyakini masih banyak hal yang perlu ditingkatkan.

Salah satunya adalah momen ketika melakukan pembagian bantuan sosial ke daerah di pelosok Indonesia. Pos Indonesia ingin memastikan bantuan yang diberikan telah disalurkan ke tangan yang tepat.

Kegiatan tersebut tentunya berkaitan dengan proses pengambilan data dari dukcapil setempat. Dengan begitu, program-program Pos Indonesia dapat berjalan dengan lebih tepat dan cepat. Harapannya, pemerintah atau bahkan NGO pun akan lebih mempercayai Pos Indonesia dengan efektivitas dan ketepatannya.

Baca Juga: HUT Ke-276 Tahun Pos Indonesia: Transformatif dan Inovatif

Walaupun sudah berdiri lama sebagai layanan keuangan Indonesia yang terpercaya, Pos Indonesia juga mengakui adanya kompetitor-kompetitor di bidang yang sama. Sadar akan hal tersebut, Tonggo memaparkan keunikan yang dimiliki oleh Pos Indonesia.

Pertama, jumlah kantor yang dimiliki Pos Indonesia di seluruh tanah air. Terdapat lebih dari 4.800 kantor yang tersebar di penjuru Indonesia, bahkan hingga ke kecamatan dan desa. Tersebarnya kantor Pos Indonesia dari Sabang sampai Merauke tentunya memberikan akses bagi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Pos Indonesia juga melekatkan layannya untuk kebutuhan hari-hari dari masyarakat. Misalnya, layanan kompetitor memudahkan masyarakat membayar tagihan PLN, Pos Indonesia melakukan hal yang sama dengan nilai tambah tersendiri.

Contoh yang paling terlihat adalah bagaimana para pensiunan bisa datang ke kantor Pos Indonesia dan berlama-lama berkumpul menikmati har. Kegiatan ini bisa terjadi karena fasilitas yang diberikan Pos Indonesia untuk mereka. Pos Indonesia menyediakan kursi, kipas, dan bahkan makanan ringan di beberapa kantor.

Keunggulan lain bisa dilihat bahwa hanya Pos Indonesia yang memegang lisensi giro pos. Bisnis model giro pos ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat dalam bidang layanan keuangan.

Baca Juga: Sukses Salurkan Bansos, Pos Indonesia Kembangkan Pelayanan Sektor Digital

Keunggulan terakhir dan mungkin terunik adalah adanya kurir dalam jasa layanan Pos Indonesia. Para kurir ini nantinya akan diintegrasikan kedalam super app sehingga masyarakat dan pemerintah bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari layanan Pos Indonesia.

Dengan harapan menjadi layanan keuangan terdepan di Indonesia, Pos Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang terbaik, cepat, murah, dan dapat dijangkau dimanapun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x