Kompas TV internasional kompas dunia

Masih Panas, China Protes Kunjungan Gubernur Indiana dan Anggota Parlemen Jepang ke Taiwan

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 22:15 WIB
masih-panas-china-protes-kunjungan-gubernur-indiana-dan-anggota-parlemen-jepang-ke-taiwan
Kemlu China secara tertulis memprotes kunjungan Gubernur Indiana, Amerika Serikat, Eric J Holcomb dan anggota parlemen Jepang Keiji Furuya ke Taiwan (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China memprotes kunjungan Gubernur Indiana, Amerika Serikat (AS) Eric J Holcomb dan anggota parlemen Jepang Keiji Furuya ke Taiwan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, dalam menanggapi kunjungan Holcomb, secara tertulis mengatakan, "Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China. Masalah Taiwan selalu menjadi isu yang paling penting dan paling sensitif di jantung hubungan China-AS. China dengan tegas menentang pertukaran resmi AS dengan wilayah Taiwan dalam bentuk apa pun dan dengan nama apa pun."

Holcomb dan delegasi dari kesekretariatan perdagangan Indiana tiba di Ibu Kota Taipei, Taiwan, hari Minggu (21/8/2022) seperti laporan Global Times, Selasa (23/8).

Holcomb dan delegasi bertemu pemimpin Taiwan Tsai Ing Wen hari Senin (22/8) untuk membicarakan kerja sama ekonomi, perdagangan, teknologi, dan budaya.

Kemlu China menegaskan, permasalahan Taiwan sangat sensitif dalam kaitannya dengan hubungan China-AS sehingga China menentang pertukaran AS dengan Taiwan dalam bentuk apa pun.

"Kami telah mengambil sikap serius kepada pihak AS atas kunjungan Gubernur Indiana Holcomb ke Taiwan," kata Kemlu China.

Baca Juga: Pakar China Serang AS, Sebut Kunjungan Politisi AS ke Taiwan Merupakan Tren Beracun

Anggota parlemen Jepang Keiji Furuya bersama pemimpin Taiwan di Taipei, 22/8/2022. Kemlu China secara tertulis memprotes kunjungan Gubernur Indiana, Amerika Serikat, Eric J Holcomb dan anggota parlemen Jepang Keiji Furuya ke Taiwan (Sumber: Taipei Times)

Sementara itu, anggota parlemen Jepang dari Partai Demokrat Liberal LDP Keiji Furuya melakukan kunjungan ke Taiwan pada Senin (22/8) hingga Rabu (24/8) dan diagendakan bertemu Tsai Ing Wen.

"Kami mendesak pihak Jepang untuk berpikir secara mendalam peristiwa bersejarah, mematuhi prinsip-prinsip empat dokumen politik China-Jepang, dan komitmen yang telah disepakati," kata Kemlu China.

Kemlu China menyerukan agar Jepang tidak berdansa diatas lumpur hanya demi kepentingan sepihak di Selat Taiwan.

"Kami membuat langkah serius ke AS pada kunjungan Gubernur Indiana Holcomb ke Taiwan. Kami mendesak pihak terkait di AS untuk mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS dan menghentikan segala bentuk interaksi resmi dengan Taiwan," kata juru bicara itu.


Kunjungan Holcomb ke wilayah Taiwan adalah perjalanan ketiga pejabat AS yang diketahui publik sejak Agustus, setelah kunjungan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi yang sangat provokatif dan kunjungan lima anggota parlemen AS yang dipimpin oleh Senator Edward J. Markey.

Menurut Financial Times, 58 anggota Kongres AS telah mengunjungi Taiwan sejak Tsai Ing-wen, kepala DPP dan pemimpin Taiwan mengambil alih kekuasaan pada Mei 2016.

 



Sumber : Kompas TV/Antara/Global Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x