Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Tak Ambil Pusing dengan Pertemuan Puan dan Surya Paloh

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 18:38 WIB
demokrat-tak-ambil-pusing-dengan-pertemuan-puan-dan-surya-paloh
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Nasdem Tower saat PDIP melakukan safari politik, Senin (22/8/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengaku tak ambil pusing ihwal pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang terjadi Senin (22/8/2022) kemarin. 

Ia menilai, pertemuan itu tak berujung dengan pembentukan koalisi untuk menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. Sebab, menurut Kamhar, hubungan Demokrat, PKS dan Nasdem kian mesra dalam menjalin koalisi di pesta demokrasi nanti.

"Karenanya silaturahmi politik PDIP dan Nasdem kami hargai, dan perlu kami tegaskan pula bahwa komunikasi politik antara Partai Demokrat, Nasdem dan PKS juga semakin ke sini semakin intensif dan memiliki banyak kemajuan," kata Kamhar kepada wartawan, Selasa (23/8/2022). 

Baca Juga: Surya Paloh Bertemu Puan, Nasdem Tegaskan Tak akan Tinggalkan PKS dan Demokrat

Silaturahmi antarpimpinan partai politik (parpol), kata dia, adalah sebuah gerakan yang positif untuk menjaga situasi politik yang kondusif di tengah kehidupan ekonomi rakyat yang sedang kesulitan. 

"Akibat kenaikan harga-harga kebutuhan pokok dan sedang hangat-hangatnya wacana kenaikan harga Pertalite," ujarnya.  

Selain itu, silaturahmi lintas partai ini menjadi keniscayaan karena untuk mengurus bangsa yang besar ini, kata Kamhar, tak mungkin hanya dilakukan oleh satu partai saja. Karena itu, perlu kolaborasi dan sinergi antarparpol. 

"Termasuk menghadapi Pilpres 2024 nanti, selain PDIP, semua parpol lainnya mesti membangun koalisi," ujarnya.

"Lagi pula berbicara tentang koalisi atau kerja sama politik itu senantiasa dinamis. Konfigurasi koalisi sendiri terbentuk dalam beberapa tahap, itu yang terjadi secara empirik dalam perjalanan politik bangsa kita di era reformasi ini."


Menurut dia, konfigurasi koalisi pertama terbentuk untuk pemenuhan syarat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Ini, kata Kamhar, biasanya jumlah partainya tidak terlalu banyak. 

"Kemudian terjadi rekonfigurasi keanggotaan koalisi jika masuk putaran kedua jika Pilpres terjadi dalam dua putaran seperti pada 2004 yang lalu."

"Selanjutnya terjadi lagi rekonfigurasi keanggotaan koalisi setelah kontestasi Pilpres selesai, yaitu koalisi Parpol dalam menjalankan pemerintahan," kata dia.

Sebelumnya, Puan Maharani menemui Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Usai pertemuan, Surya Paloh mengatakan bahwa kunjungan PDIP ini bukanlah pertemuan yang biasa.

“Kunjungan silaturahmi dan tidak terbatas hanya sekadar berbicara hal-hal yang suasananya ringan. Namun juga untuk kemaslahatan yang lebih luas,” kata Surya.

Baca Juga: Momen Surya Paloh Rangkul Puan Maharani: Puan Masuk Radar Bacapres Nasdem

Surya Paloh mengungkapkan bahwa pihak PDIP dan Nasdem saling bertukar pandangan terkait bagaimana membangun Indonesia dalam menyongsong Pemilu 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x