Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC: Ganjar Kian Unggul atas Semua Tokoh yang Potensial Maju Capres 2024

Kompas.tv - 21 Agustus 2022, 20:45 WIB
survei-smrc-ganjar-kian-unggul-atas-semua-tokoh-yang-potensial-maju-capres-2024
 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo . Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang Pemilu 2024, dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) semakin menguat.

Demikian temuan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang bertajuk “Kecenderungan Elektabilitas Calon Presiden” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu (21/8/2022).

Pada temuan survei terbaru ini, Ganjar konsisten unggul dalam semua simulasi atas semua tokoh yang potensial maju sebagai calon presiden (capres) lainnya di Pemilu 2024.

Dalam pertanyaan terbuka atau top of mind, responden menyebutkan nama calon presiden yang mereka dukung secara spontan, Ganjar menempati urutan pertama dengan dukungan 17,6 persen,

Disusul Prabowo Subianto 12,6 persen, Joko Widodo 12,5 persen, Anies Baswedan 9,1 persen, Ridwan Kamil 4,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Masih ada 32,4 persen warga yang belum menyebutkan nama calon pada pertanyaan terbuka ini.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan dukungan spontan untuk Ganjar mengalami peningkatan. Dari Maret 2021 ke Agustus 2022 dukungan spontan kepada Ganjar Pranowo naik dari 6,1% menjadi 17,6%,

Sementara dukungan kepada Prabowo tidak banyak berubah dari 13,4% menjadi 12,6%, serta Anies cenderung naik dari 5,4% menjadi 9,1%.

Deni kemudian menuturkan alasan dukungan Ganjar naik secara signifikan. Menurutnya, dukungan spontan untuk Jokowi saat ini cenderung pindah ke Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga: Saat Ganjar, Anies, hingga Erick Thohir dan Susi Pudjiastuti Ikut Lomba Makan Kerupuk



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x