Kompas TV nasional agama

Karomani Punya Rumah Mewah Baru, Ini Perkiraan Gaji Rektor Unila

Minggu, 21 Agustus 2022 | 05:05 WIB
karomani-punya-rumah-mewah-baru-ini-perkiraan-gaji-rektor-unila
Rumah mewah milik Rektor Unila Karomani yang baru selesai dibangun sejak setahun terakhir di kawasan Bataranila, Kecamatan Rajabasa Jaya, Lampung Selatan. (Sumber: KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Rumah mewah yang baru satu tahun berdiri di Kecamatan Rajabasa Jaya Lampung Selatan adalah milik Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani. Informasi yang dihimpun, rumah tersebut baru saja berdiri sejak dibangun pada tahun lalu.

Dikutip dari Kompas.com, rumah mewah Karomani itu bergaya Eropa klasik dengan fasad minimalis. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), rumah mewah bernomor 8 itu berdiri di atas lahan seluas 400 meter persegi.

Rumah dengan pekarangan depan luas itu terlihat sepi. Tampak dua unit mobil terparkir di bagian belakang kiri rumah.

Ketua RT setempat Harsuludin, mengungkapkan rumah milik Karomani itu jarang ditempati.

“Saat Lebaran kemarin juga tidak di sini,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga: KPK: Rektor dan 6 Pejabat Kampus Unila Ditangkap Terkait Dugaan Suap Penerimaan Mahasiswa Baru

Rumah pribadi Karomani yang berada di Gang Dahlia Kecamatan Kedaton Bandar Lampung juga terpantau lengang. Menurut ketua lingkungan setempat Hasiono Musa, rumah pribadi itu sudah ditempati Karomani sekitar 10 tahun.

“Saat ini yang menempati anaknya, Karomani dan istrinya pindah ke rumah baru di Lampung Selatan,” ucapnya.


 

Dalam LHKPN Karomani dengan tanggal laporan 31 Desember 2019, total kekayaan yang dimiliki Karomani berkisar Rp2,26 miliar. Saat itu Karomani masih menjabat sebagai Wakil Rektor Unila.

Merujuk PP Nomor 15 Tahun 2019, gaji pokok dosen PNS berkisar Rp2,6 juta sampai Rp4,4 juta per bulan. Tidak hanya mendapatkan gaji pokok, dosen juga mendapatkan tunjangan seperti tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tunjangan kehormatan yang besarnya bervariasi, mulai dari Rp3 juta sampai Rp5,9 juta.

Saat dosen menempati posisi rektor, sesuai aturan diberikan tunjangan tambahan sebesar Rp5,5 juta untuk guru besar dan Rp5 juta untuk lektor kepala.

Rektor Unila Karomani ditangkap dalam dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Bandung pada Sabtu (20/8/2022) dini hari. Diduga ia menerima suap dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri.

Baca Juga: Mencuri di Kampus Unila, Tiga Pelaku Diringkus Polisi

 


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x