Kompas TV internasional kompas dunia

Lagi, Jurnalis Meksiko Terbunuh di Medan Konflik Kartel Narkoba, Kasus Masih Misterius

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 14:05 WIB
lagi-jurnalis-meksiko-terbunuh-di-medan-konflik-kartel-narkoba-kasus-masih-misterius
Ilustrasi. Barisan personel Pasukan Khusus untuk Reaksi dan Intervensi (FERIA), satgas yang baru dibentuk Garda Nasional Meksiko, beruluk hormat dalam upacara di Kota Meksiko, Selasa (16/8/2022). Pada Selasa (16/8/2022), Juan Arjon Lopez, seorang jurnalis independen Meksiko, ditemukan tewas di San Luis Rio Colorado, negara bagian Sonora, wilayah utara Meksiko yang berbatasan dengan Amerika Serikat (AS). (Sumber: Marco Ugarte/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

KOTA MEKSIKO, KOMPAS.TV - Juan Arjon Lopez, seorang jurnalis independen Meksiko, ditemukan tewas di San Luis Rio Colorado, negara bagian Sonora, wilayah utara Meksiko yang berbatasan dengan Amerika Serikat (AS). Jurnalis itu ditemukan pada Selasa (16/8/2022) dengan bekas luka benda tumpul di kepala.

Lopez dikabarkan menghilang sejak 9 Agustus silam hingga ditemukan tewas. Belum diketahui apakah pembunuhan ini terkait dengan profesinya.

Pembunuhan Lopez pun menandai tren mengkhawatirkan di dunia jurnalisme Meksiko. Sepanjang 2022, terdapat 14 pembunuhan reporter atau pekerja media di Meksiko, menjadi periode paling berdarah dalam sejarah jurnalisme belakangan ini.

Associated Press melaporkan, kejaksaan setempat menyebut mayat Lopez bisa diidentifikasi melalui tato di tubuhnya.


 

Setelah autopsi, diketahui bahwa Lopez tewas akibat “trauma kepala karena pukulan benda tumpul.”

Baca Juga: Misteri Pembunuhan Kepala Polisi Sinaloa Meksiko yang Dihabisi usai Dilantik, Ulah Kartel Narkoba?

Kepala Kejaksaan Negeri Sonora Claudia Contreras menyebut penyelidik tengah mengusut apakah pembunuhan ini terkait dengan kerja-kerja Lopez sebagai jurnalis.

Kota San Luis Rio Colorado sendiri dikenal menjadi daerah tempat bentrok berdarah antarkartel narkoba beberapa tahun belakangan.

Pada Maret lalu, sekelompok relawan menemukan 11 jasad dalam kuburan tersembunyi di gurun pasir dekat tempat pembuangan sampah San Luis Rio Colorado.

Lopez pun menjadi jurnalis kedua yang dibunuh sepanjang bulan Agustus ini. Pada awal bulan lalu, seorang jurnalis terbunuh dalam serangan yang menewsakan total empat orang di toko bir di negara bagian Guanajanto

Hingga berita ini diturunkan, pihak berwenang mengaku belum tahu apakah serangan itu terkait pekerjaan sang jurnalis, perannya sebagai representatif bisnis lokal pekan raya yang akan datang, atau ada alasan lain.

Pembunuhan jurnalis di Meksiko sendiri kerap terkait dengan kejahatan terorganisasi. Politikus atau pejabat daerah juga seringkali menjadi tersangka.

Meksiko digerogoti kekerasan terkait narkoba selama bertahun-tahun, umum disebut sebagai negara paling berbahaya bagi jurnalis di luar medan perang.

Baca Juga: Sepak Terjang Rafael Caro Quintero: Ikut Dirikan Kartel Guadalajara, Perintahkan Pembunuhan Agen DEA



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x