Kompas TV nasional peristiwa

Pidato Optimis SBY di Malaysia, Ajak Negara untuk Bangun Kekuatan Besar

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 16:45 WIB
pidato-optimis-sby-di-malaysia-ajak-negara-untuk-bangun-kekuatan-besar
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menerima cendera mata usai memberikan pidatonya dalam kuliah umum di Universiti Kebangsaan Malaysia, Selasa (16/8/2022). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

MALAYSIA, KOMPAS.TV - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kuliah umum berjudul "A Better World is Posibble" (Dunia yang Lebih Baik Itu Mungkin) di Universitas Kebangsaan Malaysia, Selasa (16/8/2022).

Menjadi keynote speaker atau pembicara utama dalam acara Syarahan Canselor Tuanku Muhriz Ke-5 di universitas tersebut, SBY menyoroti tiga isu kritis yang dihadapi masyarakat internasional.

Isu tersebut adalah resesi geopolitik, resesi ekonomi, dan perubahan iklim.

"Sebagai mantan kepala negara dan kepala pemerintahan, saya selalu percaya 'Dunia yang Lebih Baik Itu Mungkin'. Dunia yang lebih baik adalah mungkin jika semua tantangan itu dapat diatasi dengan tatanan dunia yang efektif, sehat, dan adil,” jelas SBY dalam siaran pers yang diterima Kompas TV, Selasa.

SBY menyoroti bahwa tiap-tiap negara harus bekerja sama dengan mementingkan pola pikir yang memiliki wawasan ke depan.

Baca Juga: Tidak Ada SBY dalam Acara Sidang Tahunan MPR Hari Ini, AHY Hadir

Selain itu dia juga mengajak negara-negara untuk membangun kerjasama, di mana kekuatan besar, menengah dan kecil berinteraksi atas dasar kesamaan daripada perbedaan.

“Untuk mempromosikan kerjasama geopolitik, kita perlu menutup defisit kepercayaan yang semakin melebar, dan mengembangkan kepercayaan strategis antar negara,” lanjutnya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh ratusan tamu undangan termasuk dari Indonesia seperti Dubes Indonesia untuk Malaysia, Hermono, beserta jajarannya.

Turut hadir sejumlah mantan Menteri dan wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, yaitu Djoko Suyanto, Hatta Rajasa, Purnomo Yusgiantoro, Dino Patti Djalal, Andi Mallarangeng, serta mahasiswa Indonesia di yang berkuliah di UKM.

Baca Juga: IMF Puji Indonesia Tahan Banting, Sarankan Dua Hal Hadapi Pasca Pandemi dan Konflik Geopolitik

SBY dikabarkan akan mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI esok harinya, 17 Agustus 2022, di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia.

Termasuk akan diadakan pertandingan persahabatan bola voli antara klub Lavani, juara Proliga 2022 melawan tim dari Malaysia yang akan dilaksanakan pada sore harinya di Shah Alam, Selangor.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x