Kompas TV nasional peristiwa

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar Pranowo Instruksikan Wabup Ambil Alih Pemerintahan

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 14:29 WIB
bupati-pemalang-kena-ott-kpk-ganjar-pranowo-instruksikan-wabup-ambil-alih-pemerintahan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan Wakil Bupati (Wabup) Pemalang Mansyur Hidayat untuk segera mengambil alih pemerintahan. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan Wakil Bupati (Wabup) Pemalang Mansur Hidayat untuk memimpin pemerintahan sementara.

Hal tersebut, menyusul Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tadi sudah saya sampaikan kepada Pak wakil bupati agar segera mengambil alih pemerintahan," kata Ganjar usai rapat dengan Wabup Pemalang di Graha Sasana Bakti Praja, Kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022), seperti dikutip dari Kompas.com. 

Menurut penjelasannya instruksi tersebut dimaksudkan agar layanan masyarakat di wilayah tersebut tidak terganggu meski Mukti terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK karena diduga melakukan tindak pidana korupsi.

"(Penunjukan Mansur Hidayat) supaya layanan masyarakat tetap berjalan dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya Ganjar menyayangkan kejadian OTT KPK yang melibatkan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo tersebut.

Pasalnya dia mengaku sudah mewanti-wanti dan mengingatkan kepada seluruh kepala daerah khususnya di Jawa tengah, agar menghentikan praktik-praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme yang merugikan masyarakat.

Ganjar pun menegaskan, komunikasi dalam upaya memperingatkan para kepala daerah untuk tidak terlibat korupsi dilakukannya secara intensif. Apalagi, Jawa Tengah sudah lama bekerja sama dengan KPK, untuk pencegahan korupsi.

“Saya selalu mengingatkan karena sebenarnya kerja sama kita dengan para penegak hukum, dengan KPK itu sudah terlalu sering,” kata Ganjar, Kamis (11/8).

Baca Juga: KPK Tangkap Bupati Pemalang karena Dugaan Suap Pengadaan Barang hingga Jabatan



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x