Kompas TV regional berita daerah

Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Boyolali Manfaatkan Lahan Tak Produktif

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:33 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau akrab dipanggil Presiden Jokowi, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidak produktif agar bisa menghasilkan keuntungan. Salah satunya dengan menanam kelapa genjah yang banyak manfaatnya dan bisa menambah perekonomian.

Presiden Joko Widodo, Kamis (4/8/2022) pagi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kedatangan presiden tersebut untuk melakukan pencanangan penanaman kelapa genjah.

Dalam kesempatan itu, presiden mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidak produktif untuk diolah menjadi lahan produktif. Ia mencontohnya dengan penanaman kelapa genjah yang banyak manfaatnya dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Selain masa tanam terbilang cepat yaitu antara 2 hingga 2,5 tahun, satu pohon kelapa genjah bisa menghasilkan 180 buah. Buah kelapa genjah tersebut bisa dibuat gula semut, minyak kelapa serta dijual buahnya untuk minuman segar.

"Lahan-lahan yang tidak produktif itu diproduktifkan. Urusan cabai, urusan lainnya ini harusnya menjadi urusan rumah tangga di desa-desa ini bisa menanam itu, di polybag atau di pekarangannya," jelas Presiden Jokowi.

Penanaman kelapa genjah tersebut pertama kali akan dilakukan di Kawasan Solo Raya, yaitu sebanyak 46.000 pohon di Boyolali, 44.000 di Karanganyar dan 110.000 di Sukoharjo.

Selain pencananangan penanaman kelapa genjah, pada kesempatan itu presiden juga memberikan bantuan sembako kepada warga sekitar.

#jokowi #kelapagenjah #boyolali


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x