Kompas TV nasional update

Siap-siap, Tarif Integrasi Angkutan Umum di Jakarta akan Berlaku Mulai Bulan Ini

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 09:41 WIB
siap-siap-tarif-integrasi-angkutan-umum-di-jakarta-akan-berlaku-mulai-bulan-ini
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Kamis (3/6/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tarif integrasi untuk moda angkutan umum di wilayah Jakarta akan mulai diberlakukan bulan ini. 

"Sesuai jadwal bulan ini akan diimplementasikan," kaya Syafrin dalam pesan singkat, Senin (8/8/22). 

Namun, implementasi tarif integrasi ini, kata Syafrin, masih menunggu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merilis Keputusan Gubernur atau Kepgub. 

"Setelah KepGub terbit diimplementasikan," ujar Syafrin. 

Baca Juga: Anies Masih Tunggu Persetujuan Pimpinan Dewan Soal Penerapan Tarif Integrasi

Syafrin menjelaskan bahwa untuk tarif integrasi nantinya masyarakat yang menggunakan lebih dari satu moda angkutan umum, misalnya menggunakan MRT dengan tarif Rp14.000 lalu disambung dengan Transjakarta dengan tarif Rp3.500, akan dikenakan satu tarif saja yakni Rp10.000. 


 

"Sedangkan untuk tarif pengguna masing-masing moda tetap, misalnya hanya naik Transjakarta maka tetap membayar Rp3.500, naik LRT saja membayar sesuai tarif berlaku yaitu Rp5.000," kata Syafrin. 

Sebelumnya, Syafrin juga menyampaikan bahwa saat ini Pemprov DKI tengah melakukan upaya perbaikan layanan angkutan umum terintegrasi. 

Khususnya pada sistem integrasi layanan ticketing dan sistem pembayaran. 

"Bahwa akan ada perubahan menjadi account based ticketing untuk seluruh layanan tiket angkutan umum," kata Syafrin di kawasan Harmoni, Jumat (5/8/22). 

Baca Juga: Pemprov DKI Lakukan Perbaikan Layanan Sistem Integrasi Tiket Angkutan Umum

Saat ini, sistem tiket layanan angkutan umum masih menggunakan chip based atau berbasis chip. Nantinya, sistem ini akan berubah menjadi barbasis akun atau identitas pengguna kartu. 

Lebih lanjut, Syafrin menyebut Pemprov DKI juga akan mengembangkan sistem tiket dengan face recognition untuk sistem pembayarannya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x