Kompas TV nasional sapa indonesia

Relawan Bangun Hunian Sementara untuk Korban Gempa

Kompas.tv - 31 Agustus 2018, 15:49 WIB

Tergugah oleh rasa kemanusiaan dan tak ingin melihat masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat terpuruk dalam kesedihan dan keputus asaan lantaran kehilangan tempat tinggal setelah guncangan gempa.

Hamdi, warga kota Mataram menggagas sebuah hunian sementara atau huntara bagi para pengungsi. Berbekal kemampuan mengelas Hamdi telah membangun sebanyak 7 unit rangka huntara yang akan dibagikannya secara gratis pada mereka yang membutuhkan secepatnya.

Hunian sementara buatan Hamdi ini tergolong sederhana dan berbiaya murah bahan yang digunakannya adalah holo atau bahan rangka yang kerap dijadikan untuk kanopi. Hamdi hanya menyumbangkan rangka huntara berukuran 2,5x3,5 meter bagi pengungsi yang membutuhkan sementara atap dan dindingnya bisa disiapkan penguna sesuai kemampuan mereka.

Hunian sementara ini telah diuji ketahanannya dan diklaim tahan akan angin dan gempa. Meski tidak permanen namun hunian sementara ini diharapkan dapat membantu pengungsi berlindung terutama saat akan memasuki musim penghujan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x