Kompas TV regional berita daerah

Sepeda Motor Listrik Jarak Tempuh 100 KM Buatan Siswa SMK

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:31 WIB

Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - Sekelompok siswa SMK di Kota Malang berhasil membuat sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik ini, mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer.

Saat ini sepeda motor listrik memang belum umum digunakan. Namun keberadaan sepeda motor listrik mulai dipertimbangkan serius, di tengah pemanasan global, yang sekarang menjadi ancaman bumi.

Hal tersebutlah yang menginspirasi  SMK Masional, untuk memproduksi sepeda motor listrik, yang diberi nama Cassa ini. Agar bisa membantu mengurangi polisi udara.

Pengerjaan dilakukan oleh sekelompok siswa dari tiga jurusan, dibantu guru pembimbing. Dengan ulet dan telaten, mereka membuat sepeda motor listrik, sejak proses awal. Mulai mendesain, pemotongan logam, perakitan, pengelasan,hingga pemasangan komponen baterai yang juga karya siswa.

Dalam posisi kosong, baterai dapat penuh dalam durasi waktu enam hingga delapan jam. Kendaraan listrik ini telah dilengkapi battery management system, sehingga pengecasan tidak membutuhkan tegangan listrik tinggi, dan juga menggunakan teknologi mikrocontroller. Sehingga sepeda motor listrik ini bisa dicash dengan menggunakan listrik rumah tangga.

Tidak butuh waktu lama untuk membuat kendaraan ini. Butuh waktu  tiga pekan, untuk membuat satu sepeda motor. Sepeda motor listrik ini mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer.

Kedepan sepeda motor listrik akan diproduksi massal, dengan beberapa penyempurnaan.salah satunya yakni mengeluarkan suara, saat dikendarai, agar aman saat digunakan di jalan raya.selain sepeda motor listrik, sekolah sebelumnya juga telah memproduksi e bike, atau sepeda listrik.

#beritamalang

#motorlistrik

#ebike

#kendaraanlistrik


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x