Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Megawati untuk Ibu Hamil: Please, Jangan Cengeng

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 15:22 WIB
pesan-megawati-untuk-ibu-hamil-please-jangan-cengeng
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri memberi sambutan secara virtual dalam acara Pembentukan BRIDA yang ditayangkan di kanal YouTube BRIN Indonesia, Rabu (20/4/2022). (Sumber: YouTube BRIN)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Partai Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta ibu hamil tidak cengeng saat mengandung.

Menurut Megawati, ibu hamil harus semangat, tegar, dan kuat menghadapi kehamilannya demi kesehatan sang anak.

“Dengan segala hormat saya, please, jangan cengeng,” ujar Megawati Soekarnoputri saat menjadi pembicara kunci pada kick off kolaborasi percepatan penurunan stunting dan peluncuran Buku ‘Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia’ di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Megawati kemudian bercerita tentang bagaimana pengalaman dan tantangannya saat tengah mengandung atau hamil.

Baca Juga: Megawati Wanti-wanti 3 Anaknya: Awas Loh Kalau Nyarinya yang Kayak Tukang Bakso

Namun sebagai perempuan yang telah menikah, ketika itu Megawati mengaku siap lahir batin ketika harus hamil dan berperan sebagai ibu rumah tangga.

“Saya berjanji pada diri saya ketika menikah, saya sudah siap lahir batin, suatu saat saya akan hamil dan ada orang lain numpang di perut kita,” kata Megawati.

Megawati menuturkan, doktrin Ibu Fatmawati kepadanya menjadi bekal penting dalam berumah tangga maupun ketika tengah hamil.

Satu hal di antaranya adalah, mengatur pola makan sehat saat tengah mengandung atau hamil. Hal tersebut, kata Megawati, tentu saja untuk mendapatkan gizi yang terbaik bagi tubuh dan menghindari stunting.

Baca Juga: Ekspresi Malu Megawati Jadi Sorotan saat Jokowi Ucapkan Kecantikannya Tak Pernah Pudar

“Suatu saat akan ada manusia kecil di badan kita. Jadi harus bisa mengatur makanan apa yang baik untuk diri sendiri,” kata Megawati mengenang pesan Ibu Fatmawati.

“Insha Allah kemungkinan untuk stunting bisa dihindari.”

Bukan hanya berpesan soal gizi untuk Ibu saat hamil. Megawati juga mengingat pesan sang Ibu agar anak yang dilahirkannya benar-benar mendapatkan gizi yang cukup hingga usia 2 tahun,

“Anak hingga umur dua tahun perlu makanan berkualitas dengan gizi, protein,” tutur Megawati.

Sebagai informasi, kegiatan ini digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Dalam kesempatan tersebut hadir Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Mensos Tri Rismaharini, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr. Laksana Tri Handoko, Kepala Pusdokkes Polri Irjen Pol Asep Hendradiana mewakili Kapolri, dan lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x