Kompas TV regional berita daerah

Jumadi Atlet Para Catur Tertua di ASEAN Para Games 2022

Senin, 8 Agustus 2022 | 12:06 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Diantara ratusan peserta atlet para catur ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Solo, Jawa Tengah, terdapat satu peserta tertua yang ikut dalam perlombaan.

Sosok atlet tersebut ialah Jumadi (60), atlet yang berasal dari Semarang. Siapa sangka, Jumadi masih sanggup berprestasi di ajang bergengsi ini. Jumadi berlaga di kelas VI-B2, yaitu tuna netra penglihatan rendah. Jumadi mengaku, sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), ia sudah menyukai catur, dan mengikuti berbagai kejuaraan.

Awalnya, Jumadi mampu melihat normal, namun karena kecelakaan, membuat dirinya menjadi kategori disabilitas. Meski sudah senior, semangat Jumadi tak pernah padam. Ia terus berlatih untuk mempersiapkan perlombaan dalan ASEAN Para Games. Menurutnya, saat bertanding kuncinya adalah sabar dan tidak boleh emosi.

"Harus jaga kondisi dan olahraga dan pola makan harus diatur. Terus belajar, catur itu butuh kesabaran," kata Jumadi.

Jumadi turun di tiga cabang para catur, standar, cepat dan kilat, baik untuk nomor perorangan dan beregu. Bersama 324 atlet merah putih, Jumadi berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia.

#aseanparagames #paracatur #atlettertua


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x