Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Dihadapan Pensiunan TNI: Pertumbuhan Ekonomi Turun, Harga Naik, Dunia pada Kondisi Mengerikan

Kompas.tv - 5 Agustus 2022, 15:22 WIB
jokowi-dihadapan-pensiunan-tni-pertumbuhan-ekonomi-turun-harga-naik-dunia-pada-kondisi-mengerikan
Presiden Jokowi saat membuka Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Tahun 2022, Jumat (5/8/2022). Dihadapan para pensiunan TNI, Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara gamblang menyebut bahwa saat ini dunia berada dalam kondisi yang mengerikan. (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara gamblang menyebut bahwa saat ini dunia berada dalam kondisi yang mengerikan.

Hal ini dikarenakan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi, namun terdapat laju inflasi yang tinggi. Situasi ini tentu berdampak pada kenaikan harga barang-barang.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden saat membuka Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Tahun 2022, di Sentul International Convention Center di Bogor, Jumat (5/8/2022).

"Pertumbuhan ekonomi turun tapi inflasi naik, harga-harga barang semua naik. Ini kondisi yang sangat boleh saya sampaikan dunia pada kondisi yang mengerikan," kata Jokowi. 

Jokowi mengaku sempat berbincang dengan Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres dan para pimpinan negara G7.

Mereka semuanya, ungkap Jokowi, mengeluhkan hal yang sama, yakni soal kondisi perekonomian.

"Beliau-beliau menyampaikan, 'Presiden Jokowi, tahun ini kita akan sangat sulit. Terus kemudian seperti apa? Tahun depan akan gelap.' Ini bukan Indonesia, ini dunia, hati-hati," tegasnya.

Dia kemudian mengutip penjelasan dari Sekjen PBB, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia bahwa akan ada 66 negara yang akan ambruk ekonominya. 

Dari 66 negara tersebut, Kepala Negara menyampaikan, sembilan negara secara bertahap telah berada dalam kondisi perekonomian yang sulit, kemudian disusul 25 negara, dan 42 negara.

Situasi pun bertambah pelik. Jokowi mengatakan, saat ini sudah ada 320 juta orang di dunia yang dalam posisi menderita karena kelaparan akut, di mana sebagian orang sudah merasakannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x