Kompas TV regional gaya hidup

Anak Malas Sekolah? Yuk Cari Tahu Alasannya

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 12:00 WIB
anak-malas-sekolah-yuk-cari-tahu-alasannya
Seorang Anak yang Malas Belajar (Sumber: Freepik/kwamchaichaiudom)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia. Pembatasan sosial yang dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus membuat segala kegiatan tatap muka dihentikan

UNICEF mencatat 62,5 juta siswa di berbagai negara, mulai dari TK hingga SMA, tak memiliki pilihan lain selain belajar dari rumah. Pergeseran pola belajar ini membawa dampak besar bagi siswa, orangtua, dan guru di seluruh Indonesia. 

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan tentu memiliki tantangan tersendiri. Beberapa anak justru menjadi malas belajar karena suasana di rumah berbeda dengan sekolah. Pembelajaran jadi membosankan karena siswa hanya belajar melalui gawai. 

Rasa malas belajar juga dialami oleh Putri Cangkuang dalam Dongeng Pilihan Orangtua bertajuk “Dongeng Putri Cangkuang Membolos”. Ia kabur dari pelajaran meracik obat, mengapa demikian?

Baca Juga: 7 Masalah Umum Anak Malas Makan dan Cara Mengatasinya

Mendidik anak tentu memiliki beragam rintangan. Orangtua harus memiliki kesabaran untuk selalu berusahan menjadi orangtua yang baik. 

Saat anak malas belajar, pastinya orangtua bingung bagaimana cara mengatasinya. Banyak faktor yang menyebabkan anak malas belajar, salah satunya adalah distraksi dari lingkungan sekitar, misalnya kehadiran gawai. 

Melansir Verywell Family, berikut adalah alasan mengapa anak enggan untuk belajar.

Anak Merasa Tidak Tertantang

Siswa yang cerdas tidak membutuhkan banyak instruksi untuk menguasai suatu keterampilan. Oleh karena itu, mereka sering merasa pelajaran di kelas kurang menantang.

Faktanya, banyak siswa yang menjadi kurang peduli dengan  pelajaran sekolah. Mereka tidak belajar dengan giat. namun tetap  mendapatkan nilai yang bagus. Meskipun tidak  memeriksa ulang pekerjaan mereka.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Pelajar untuk Sekolah Daring di Tengah Pandemi Covid-19

Anak Kurang Nyaman dengan Teman Sebaya atau Guru



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x