Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara ikut Kecam Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 10:47 WIB
korea-utara-ikut-kecam-kunjungan-ketua-dpr-as-nancy-pelosi-ke-taiwan
Sebuah bilbor di Taipei, Taiwan menunjukkan pesan penyambutan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi pada Selasa (2/8/2022). Korea Utara hari Rabu, (3/8/2022) ikut mengecam kedatangan Nancy Pelosi ke Taiwan. (Sumber: Chiang Ying-ying/Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SEOUL, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari Rabu (3/8/20220) mengkritik apa yang disebutnya "campur tangan" AS dalam urusan internal China atas kunjungan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi ke Taiwan, kata pejabat Korut seperti laporan KCNA, Rabu, (3/8/2022)

Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa malam dalam sebuah perjalanan, yang menurut Pelosi menunjukkan komitmen Amerika Serikat yang tak tergoyahkan ke Taiwan, tetapi China mengutuk kunjungan tingkat tertinggi AS dalam 25 tahun sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Korea Utara mengatakan mereka "dengan keras mencela" campur tangan kekuatan eksternal dalam masalah Taiwan dan "mendukung penuh" China, sekutu utama dan jalur kehidupan ekonominya.

"Adalah hak negara berdaulat untuk mengambil tindakan balasan terhadap gerakan kekuatan luar yang secara terbuka mencampuri urusan dalam negerinya dan menghancurkan integritas teritorialnya," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu seperti dikutip oleh KCNA.

China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawanya di bawah kendalinya.

Baca Juga: China Kirim 21 Jet Tempur ke Zona Pertahanan Udara Taiwan Saat Ketua DPR AS di Taipei

Pejalan kaki menunggu di persimpangan di Beijing, dekat layar yang menunjukkan cuplikan jet militer China sebagai bagian dari program berita malam, pada 2 Agustus 2022. China kirimkan lebih dari 20 jet tempur masuk ke zona pertahanan udara Taiwan saat Nancy Pelosi, Ketua DPR AS berada di Taipei (Sumber: Straits Times)

Amerika Serikat memperingatkan China agar tidak menggunakan kunjungan itu sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

China menanggapi tindakan Nancy Pelosi dengan angkara murka, memanggil dubes AS untuk China dan mengirim 21 jet tempur ke zona pertahanan udara Taiwan.

Lebih dari 20 jet tempur China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan Selasa malam (2/8/2022), kata pejabat di Taipei, saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi memulai kunjungan ke Taiwan. Beijing marah karena menganggap Taiwan sebagai wilayahnya yang memberontak.

Kementerian pertahanan Taiwan seperti dilansir Straits Times, Rabu (3/8/2022) mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter: "21 pesawat PLA ... memasuki ADIZ barat daya Taiwan pada 2 Agustus 2022," mengacu pada zona identifikasi pertahanan udara.

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan tetapi mencakup area yang jauh lebih besar dan tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara China sendiri dan bahkan mencakup sebagian daratan.



Sumber : Kompas TV/KCNA/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x