Kompas TV regional berita daerah

Pelajar SMP Ikuti Jalan-jalan Juang, Menelusuri Jejak Sejarah Perjuangan Bangsa di Kota Malang

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 17:31 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG,KOMPAS.TV-Untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme, puluhan pelajar SMP di Kota Malang diajak belajar tentang sejarah perjuangan bangsa. Bukan di dalam kelas, melainkan para siswa diajak langsung ke lokasi bangunan bersejarah yang ada di Kota Malang, Selasa (02/08/2022).

Puluhan pelajar dari SMP 2 YPK Kota Malang ini nampak antusias saat salah satu guru memberikan penjelasan tentang relief tentang perjuangan Bangsa Indonesia, di salah satu monumen yang ada di Kota Malang. Kegiatan jalan-jalan juang ini adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada siswa, yakni dengan belajar langsung di luar kelas.

Lokasi yang dijadikan tempat belajar sejarah adalah Monumen Juang 45 di depan Stasiun Kota Malang dan Alun-Alun Tugu Kota Malang. Dwi Okta salah satu siswi yang mengikuti jalan jalan juang mengaku, mendapatkan ilmu baru tentang sejarah perjuangan bangsa indonesia dalam merebut kemerdekaan dan Kota Malang juga menjadi salah satu bagian dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Kalau saya baru mengetahui, baru kali ini ada jalan jalan juang. Kita bisa belajar dari nilai-nilai para pahlawan," terang Okta.

Yanuar Rudyanto, Wakil Kepala SMP 2 YPK Malang menjelaskan, bahwa pemilihan lokasi yang berada di dekat sekolah dimaksudkan agar para siswa lebih mengenal bangunan atau monumen yang memiliki nilai sejarah di Kota Malang.

"Para siswa sering melewati lokasi ini berangkat atau pulang sekolah. Tapi mereka tidak tahu ini apa selain untuk keindahan," terang Rudi, Wakil Kepala SMP 2 YPK Malang.

Dengan pembelajaran sejarah ini, para siswa sebagai generasi penerus bangsa bisa memahami dan menghargai dan jalan perjuangan bangsa menuju kemerdekaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x