Kompas TV nasional update corona

PPKM Seluruh Indonesia Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 07:02 WIB
ppkm-seluruh-indonesia-diperpanjang-semua-daerah-level-1
Ilustrasi. Pemerintah kembali memperpanjang PPKM di seluruh wilayah di Indonesia. (Sumber: Kompas TV/Ant/M Risyal Hidayat)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia kembali diperpanjang.

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA mengungkapkan, untuk PPKM di Jawa-Bali berlanjut hingga 15 Agustus 2022. 

Pengaturan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali yang mulai berlaku hari ini, Selasa (2/8/2022) hingga Senin (15/8) mendatang.

Sementara PPKM luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 5 September 2022. Hal ini tertuang dalam Inmendagri Nomor 39 Tahun 2022 yang juga mulai berlaku hari ini. 

Safrizal menuturkan dalam perpanjangan PPKM kali ini, seluruh daerah di Indonesia masuk dalam level 1.


 

"Penetapan level 1 di seluruh Indonesia tentunya juga berdasarkan pertimbangan dari sejumlah pakar dengan mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan," kata Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca Juga: Soal Status PPKM Jakarta, Anies: Penularan Tidak Berhenti karena Statusnya Berubah

Menurut penjelasannya, perpanjangan PPKM dilakukan karena masih terjadi peningkatan kasus Covid-19 di tanah air.

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa PPKM kembali diperpanjang mengingat kondisi belakangan ini kasus aktif menunjukkan peningkatan dikarenakan subvarian baru dari Omicron yang dikenal dengan istilah BA.4 dan BA.5."

Kendati demikian, dia menyatakan pelaksanaan PPKM di seluruh daerah tetap menunjukkan penanganan pandemi yang terus terkendali.

Meski terjadi kenaikan kasus, lanjut dia, hal penting yang secara paralel harus dilihat adalah terkait dengan tingkat keterisian rumah sakit (Bed Occupation Rate/ BOR) yang masih rendah.

"Hal ini menunjukkan fatality rate dari virus Covid-19 saat ini terkendali sehingga masyarakat tidak perlu panik tetapi tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, khususnya di tempat tertutup dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan," ujarnya.

Baca Juga: Selang Satu Hari Berubah, Mendagri Tetapkan Jabodetabek Kembali PPKM Level 1



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x