Kompas TV entertainment selebriti

Studi: Taylor Swift Jadi Selebriti Penyumbang Emisi Karbon Terbanyak, Kok Bisa?

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 07:05 WIB
studi-taylor-swift-jadi-selebriti-penyumbang-emisi-karbon-terbanyak-kok-bisa
Taylor Swift menjadi selebriti yang menyumbang emisi karbon terbanyak. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah studi yang dilakukan agensi pemasaran digital, Yard, menempatkan Taylor Swift sebagai selebriti penyumbang emisi karbon terbanyak.

Melansir situs resmi Yard, weareyard.com, Taylor Swift menyumbang emisi karbon ini dari penggunaan jet pribadinya.

Pelantun tembang ‘All Too Well’ ini mengumpulkan jumlah total penerbangan sejak Januari hingga pertengahan Juli sebanyak 170 penerbangan, dengan total 22.923 menit atau 16 hari di udara.

Baca Juga: Taylor Swift Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas New York, Begini Tanggapan Wisudawan

Angka ini cukup besar mengingat Taylor Swift tidak sedang mengadakan tur dunia.

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa jet pribadi Taylor Swift memiliki waktu penerbangan rata-rata 80 menit dan jarak penerbangan 139,36 mil.

Ada pun penerbangan terpendek jet pribadi Swift tercatat hanya 36 menit, yakni dari Missouri ke Nashville.

Dengan demikian, total emisi karbon dari jet pribadinya tahun ini mencapai 8.293,54 ton. Angka ini 1.184,8 kali lebih banyak ketimbang total emisi tahunan rata-rata orang lain.

Mengutip Rolling Stone, pihak Taylor Swift telah menanggapi data tersebut. Jet pribadi sang artis disebut telah dipinjamkan kepada orang lain.

Perwakilan Swift menegaskan bahwa data tersebut tidak dapat dikaitkan dengan penggunaan pribadi dari Taylor Swift sendiri.

“Jet Taylor dipinjamkan secara teratur kepada orang lain. Untuk mengaitkan sebagian besar atau semua perjalanan ini dengan Taylor, jelas-jelas tidak benar,” demikian kata perwakilan Taylor Swift.

Baca Juga: Taylor Swift Raih Gelar Honoris Causa dari New York University, Dapat Doctor of Fine Arts

Selain Taylor Swift, petinju Floyd Mayweather menduduki urutan kedua sebagai selebriti penyumbang emisi karbon terbanyak, yakni sebanyak 7.076,8 ton, diikuti oleh Jay-Z (6.981,3 ton) dan A-Rod (5.342,7 ton).

Selebritas seperti Kim Kardashian menduduki peringkat ketujuh (4.268,5 ton), Oprah Winfrey di urutan kesembilan (3.493,17 ton), dan Travis Scott di urutan kesepuluh (3.033,3 ton).



Sumber : weareyard, Rolling Stone


BERITA LAINNYA



Close Ads x