Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Induk Terbaru India INS Vikrant Betot Perhatian China, Berbobot 45.000 Ton dan Panjang 262 M

Kompas.tv - 31 Juli 2022, 20:14 WIB
kapal-induk-terbaru-india-ins-vikrant-betot-perhatian-china-berbobot-45-000-ton-dan-panjang-262-m
Kapal Induk canggih India, INS Vikrant, akan mulai beroperasi awal Agustus, menyusul serah terima dari galangan kapal Cochin kepada Angkatan Laut India, Kamis (28/7/2022). (Sumber: Naval News/India MOD).
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - Kerja keras India membuat kapal induk perdana buatan dalam negeri, INS Vikrant, membetot perhatian China yang menilai hal itu akan mendorong tumbuhnya kekuatan armada laut negara tetangganya itu.

Dilansir Global Times, Minggu (31/7/2022), INS Vikrant dibuat oleh perusahaan pembuat kapal India, Cochin Shipyard Limited.

Kapal Induk canggih India INS Vikrant akan mulai beroperasi awal Agustus, menyusul serah terima dari galangan kapal Cochin ke Angkatan Laut India hari Kamis, (28/7/2022).

Beberapa pengamat di China melihat kerja keras India dalam mengembangkan INS Vikrant menunjukkan ambisi dan tekad New Delhi untuk menjadi salah satu kekuatan maritim dunia.

Dengan adanya INS Vikrant, India memiliki dua gugus tempur kapal induk yang akan memberikan kontribusi besar terhadap seluruh kemampuan armada lautnya, kata pengamat militer China, Song Zhongping, seperti dilansir Global Times, Sabtu (30/7).

Menurut surat kabar China tersebut, selama 1999-2022, China telah membuat terobosan dengan meluncurkan tiga kapal induk. 

Laju India yang lambat dalam mengembangkan kapal induk asli pertamanya menunjukkan betapa sulit proses pembuatan kapal induk.

China dan India dalam mengembangkan kapal induknya memulai dari sumber yang sama, bekas Uni Soviet.


Baca Juga: Kapal Induk Canggih India INS Vikrant Mulai Beroperasi, Dilengkapi 30 Jet Tempur dan Rudal

Kapal Induk canggih India, INS Vikrant, akan mulai beroperasi awal Agustus, menyusul serah terima dari galangan kapal Cochin kepada Angkatan Laut India, Kamis (28/7/2022). (Sumber: India MOD)

INS Vikrant merupakan pengembangan dari Vikramaditya, kapal induk generasi kedua bekas Uni Soviet. Sementara kapal induk China, Liaoning, juga merupakan pembaruan dari Varyag, kapal induk generasi ketiga Uni Soviet.



Sumber : Kompas TV/Antara/Global Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x