Kompas TV video vod

Demi Kenyamanan Para Pencari Keadilan, PA Ruteng Ciptakan Inovasi Pelayanan "Coffee Justice"

Kompas.tv - 30 Juli 2022, 14:55 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

MANGGARAI, KOMPAS.TV - Keberadaan Pengadilan Agama, sebagai salah satu lembaga peradilan, kerap memberi kesan canggung dan rasa takut bagi setiap masyarakat, yang mendatanginya untuk mencari keadilan.

Untuk menghilangkan perasaan tersebut, sekaligus sebagai bentuk inovasi pelayanan publik, Pengadilan Agama Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, berinovasi dengan menyediakan sejumlah fasilitas di kompleks kantor pengadilan ini.

Coffee Justice adalah salah satu fasilitas yang disiapkan Pengadilan Agama Ruteng, guna memberikan suasana rileks bagi setiap para pencari keadilan karena sebelum datang ke pengadilan telah mengalami masalah.

Selain itu terdapat ruang tamu terbuka, yang diperuntukan bagi semua tamu.

Baca Juga: Mahkamah Agung Sosialisasi Aplikasi e-Berpadu di Sumatera Barat

Ruang tamu ini bertujuan untuk memperlakukan semua tamu sama dan memberikan kenyamanan dengan pelayanan prima.

Inovasi lainnya dengan menyediakan ruang bermain anak, untuk memberikan kesempatan kepada kaum wanita yang membawa anak bisa leluasa bermain, sehingga pihak-pihak yang bertikai, dapat mengikuti persidangan dengan nyaman dan tidak terganggu.

Ada pula lukisan mural di tembok pagar, yang memberikan pesan kepada setiap pencari keadilan, bahwa pengadilan adalah rumah mereka dan tidak perlu merasa takut untuk menghadapi proses hukum.

Dengan inovasi pelayanan publik ini, diharapkan masyarakat pencari keadilan, tidak sungkan dan takut mendatangi Pengadilan Agama Ruteng untuk menyelesaikan masalah melalui jalur hukum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x