Kompas TV olahraga kompas sport

Opening ASEAN Para Games 2022, Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin dan Kontingen Indonesia Pakai Batik

Kompas.tv - 30 Juli 2022, 08:14 WIB
opening-asean-para-games-2022-dihadiri-wapres-ma-ruf-amin-dan-kontingen-indonesia-pakai-batik
Welcoming ceremony ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, dihadiri seluruh kontingen dari 11 negara peserta. (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jadwal ASEAN Para Games 2022 akan diawali dengan upacara pembukaan atau opening ceremony di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (30/7/2022) malam nanti.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan persiapan upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 (APG XI 2022) sudah rampung.

"Kami telah melihat bersama dalam gladi opening ceremony APG. Semua sudah baik dan setting area juga sudah bagus. Mudah-mudahan digiatkan lagi dan pembukaan bakal sukses," ujar Menpora Amali, dilansir dari Antara, Jumat (29/7/2022).

Dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Dalam pernyataannya, Menpora Amali menyebut upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo akan dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Kehadiran Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam upacara pembukaan juga telah dipastikan oleh Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc), Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jelang Pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Gibran Pastikan Persiapan Sudah Sesuai Jadwal!

"Saya optimistis opening ceremony APG 2022 insya Allah akan bagus. Rencana opening ceremony APG XI 2022 di Solo bakal dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin," kata Menpora Amali.

Kental Budaya Jawa

Budaya Jawa bakal kental mewarnai upcara pembukaannya nanti. Kultur Jawa akan lebih ditonjolkan.

Sekretaris Pelaksana Inaspoc Rima Ferdianto mengungkapkan, sebagai tuan rumah Kontingen Indonesia akan memakai batik dengan motif spesial dalam defile upacara pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2022.

Meski tak secara detail menyebutkan motifnya, Rima mengklaim masyarakat belum pernah menjumpai seragam seperti yang akan dikenakan skuad Merah Putih dalam acara pembukaan nanti.

Pada bagian depan, lanjut Rima, motif bakal menggambarkan sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan pada bagian belakang bernuansa merah dan putih.

Baca Juga: Atlet Paralimpiade Indonesia Siap Berlaga di ASEAN Para Games 2022, Menpora Targetkan Juara Umum!

"Mereka akan mengenakan seragam dengan motif batik spesial dan langka yang tidak ditemui masyarakat sebelumnya," kata Rima, dilansir Antara, Jumat (29/7/2022).

Dalam pelaksanaan defile, Rima menjelaskan ada pembatasan jumlah setiap kontingen.

"Paling banyak 30 orang setiap negara," sambungnya.


Gelaran APG XI 2022 di Solo yang diikuti 11 negara Asia Tenggara tersebut mengambil tema 'Striving for Equality' atau Berjuang untuk Kesetaraan.

Dalam keberjalanannya, ASEAN Para Games 2022 akan menyuguhkan pertandingan dan perlombaan dari 14 cabang olahraga.

Ke-14 cabang olahraga yang dimaksud adalah paraatletik, parabadminton, paracatur, paraangkat besi, pararenang, paratenis meja, bochia, parapanahan, sepak bola CP, goalball, basket kursi roda, tenis kursi roda, blind judo, dan voli duduk.




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x