Kompas TV internasional kompas dunia

Pasukan Monyet Teror Sebuah Kota di Jepang: Cakari Warga, Mau Renggut Bayi, Serang Taman Kanak-Kanak

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 04:45 WIB
pasukan-monyet-teror-sebuah-kota-di-jepang-cakari-warga-mau-renggut-bayi-serang-taman-kanak-kanak
Seekor monyet terlihat mengintai sebuah rumah di Yamaguchi, Jepang. Video yang menjadi sumber gambar ini diunggah pada 23 Juli 2022. (Sumber: Tangkapan layar Twitter via AP)

TOKYO, KOMPAS.TV - Warga di Yamaguchi, kota di barat daya Jepang, diteror sepasukan monyet belakangan ini. Pasukan monyet itu dilaporkan melakukan tindakan nekat seperti berupaya merenggut bayi dari gendongan, menggigit dan mencakar warga, hingga menyerbu taman kanak-kanak.

Menurut laporan Associated Press, Rabu (27/7/2022), pasukan monyet itu telah menyerang setidaknya 58 orang sejak 8 Juli. 

Teror pasukan monyet semakin buruk dari waktu ke waktu hingga pemerintah kota Yamaguchi menyewa suatu unit khusus untuk memburu mereka dengan senjata bius.

Salah satu aspek ganjil dalam teror monyet ini adalah motif. Pasalnya, pasukan monyet tersebut tidak tertarik dengan makanan, sehingga tak bisa dijebak sebagaimana umumnya.

Pasukan monyet disebut secara khusus mengincar anak-anak dan warga lanjut usia.

“Mereka (pasukan monyet) sangat pintar, dan mereka cenderung menyelinap untuk menyerang dari belakang, kerap memegang kedua kakimu dengan kasar,” kata seorang pejabat kota Yamaguchi, Masato Saito kepada Associated Press.

Baca Juga: Tentang Cacar Monyet, Sejak Awal di Afrika hingga Status Darurat Global oleh WHO Saat Ini

Otoritas setempat pun telah menerbitkan instruksi untuk menghadapi serangan monyet. Poin-poin instruksi itu di antaranya adalah jangan menatap mata monyet dan buat diri Anda terlihat sebesar mungkin.

Sejumlah insiden serangan monyet yang tercatat di Yamaguchi di antaranya adalah serangan ke seorang wanita yang tengah menjemur pakaian di beranda. Seorang warga lain diserang hingga kakinya mesti diperban.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x