Kompas TV nasional sosial

Biaya Kuliah Anak Makin Mencekik, Menabung 18 Tahun pun Tak Mampu Menutup

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 06:30 WIB
biaya-kuliah-anak-makin-mencekik-menabung-18-tahun-pun-tak-mampu-menutup
Ilustrasi wisudawan dari perguruan tinggi. Biaya kuliah di perguruan tinggi semakin melambung dan tidak diiringi dengan peningkatan upah masyarakat. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil analisis Kompas.id menunjukkan bahwa biaya kuliah di perguruan tinggi semakin melambung dan tidak diiringi dengan kenaikan upah masyarakat.

Hal ini membuat orang tua makin sulit membiayai kuliah anaknya, meski sudah menyiapkan dana sejak jauh-jauh hari.

Analisis ini dilakukan terhadap data upah lulusan SMA dan sarjana dari tahun 1995 - 2022 dan biaya kuliah dari 30 perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS) tahun 2013 - 2022.

Baca Juga: Daftar Biaya Kuliah UNS Jalur Mandiri 2022/2023, Besaran UKT hingga SPI

Kenaikan upah lulusan SMA berada di angka 3,8 persen per tahun, sementara sarjana 2,7 persen per tahun.

Hal ini berbanding terbalik dengan kenaikan biaya kuliah. Kompas mengambil sampel dari biaya kuliah rata-rata dari program studi (prodi) dengan biaya tertinggi dan terendah.

Misalnya, biaya kuliah tertinggi di Universitas Pelita Harapan adalah prodi Pendidikan Kedokteran, sementara biaya kuliah terendah di prodi Sistem Informasi.

Data yang diambil selama 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa kenaikan biaya kuliah di masa depan diperkirakan sebesar 6,03 persen per tahun. Jurang yang cukup lebar dengan kenaikan upah lulusan SMA dan sarjana.

Baca Juga: Pengumuman SMUA Unair 2022 Hari Ini, Cek Biaya Kuliah S1 Universitas Airlangga

Menabung 18 tahun tak cukup

Apabila orang tua lulusan SMA menyisihkan 20 persen penghasilannya sejak sang anak lahir sampai tamat SMA, yakni selama 18 tahun, hasil tabungannya pun tak akan menutup biaya kuliah dari semester pertama sampai semester 8 (masa studi S1 4 tahun).

Akumulasi tabungan yang dikumpulkan orang tua selama 18 tahun, dari 2004 - 2021 saja baru menghasilkan Rp72.534.314.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x