Kompas TV nasional peristiwa

KPK Tahan Mardani Maming

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 21:55 WIB
kpk-tahan-mardani-maming
KPK tahan Mardani Maming, Kamis (28/7/2022) (Sumber: Tangkapan Layar Breaking News Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penahanan terhadap mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Mardani Maming yang terkait dalam kasus suap dan gratifikasi perizinan tambang. Mardani ditahan setelah menjalani pemeriksaan sekitar 7 jam.

Mardani Maming mulai keluar dari Gedung KPK sekitar pukul 21.30 WIB, Kamis (28/7/2022) dengan mengenakan rompi orange atau rompi yang biasa digunakan tahanan KPK.

Dalam konferensi pers, Alexander Marwata menyatakan Mardani akan ditahan selama 20 hari pertama untuk proses penyidikan.

Baca Juga: [TOP 3 NEWS] Kopda Muslimin Meninggal, Mardani Maming Serahkan Diri, Sampel Otopsi Brigadir J Tiba

"Untuk proses penyidikan dilakukan upaya paksa penahanan bagi tersangka MM oleh tim penyidik untuk 20 hari pertama, terhitung mulai hari ini tanggal 28 Juli 2022 sampai dengan 16 Agustus  2022," kata Alexander Marwata.

Mardani akan ditahan di Rumah Tahanan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Sebelumnya Mardani mulai diperiksa KPK sekitar pukul 14.30 WIB. Dia tiba di Gedung KPK pada pukul 14.00 WIB setelah sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK, sejak 26 Juli 2022.


Baca Juga: KPK Blak-blakan soal Penahanan Tersangka Mardani Maming, Ini Katanya

KPK sempat melakukan dua kali pemanggilan terhadap Maming yaitu pada 14 Juli 2022. Panggilan kedua kemudian dilayangkan pada 21 Juli 2022.

Mardani Maming mangkir di kedua panggilan tersebut. KPK pun sempat melakukan penggeledehan di apartemen di kawasan Jakarta Pusat pada 25 Jui 2022 namun tidak menemukan keberadaan Maming.

Akhirnya pada 26 Juli 2022, akhirnya komisi antirasuah itu memasukkan Maming dalam daftar pencarian orang (DPO). KPK pun bersurat kepada Bareskrim untuk ikut mencari Maming.

Baca Juga: Apresiasi Kedatangan Mardani Maming, Juru Bicara KPK Ungkap Tahapan Hukum yang Akan Dilalui

Mardani Maming yang merupakan tersangka suap dan gratifikasi dalam pengalihan izin pertambangan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mendatangi Gedung KPK sekitar pukul 14.02 Wib.

Mardani Maming didampingi penasehat hukumnya, Denny Indrayana. Dari informasi yang diterima jurnalis Kompas TV Valentina Sitorus, Mardani Maming sempat berada di Batam, Kepulauan Riau.

Mardani kemudian terbang ke Jakarta dan tiba di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta pada sekitar pukul 13.00 WIB.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x