Kompas TV regional berita daerah

Lembu Raksasa Dalam Ngaben Massal Di Karangasem

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 14:29 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Sebelum puncak acara ngaben massal dimulai, berbagai persiapan harus dilakukan warga. Salah satunya menyiapkan bade dan lembu tempat jenazah yang nanti akan diusung ke setra, yang nantinya dilanjutkan pembakaran jenazah.

Proses ngaben massal yang dilakukan oleh Semeton Para Gotra Sentana Dalam Tarukan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, tahun ini berbeda. Dimana menggunakan Lembu Cemeng dengan ukuran terbesar di Bali dengan tinggi 10 meter dan panjang 6 meter dengan berat 1 ton, serta bade setinggi 17  meter dengan berat 3 ton siap digunakan.

Upacara ngaben massal yang digelar setiap 7 tahun tersebut,  kali ini diikuti  151 sawa yang terdiri dari 10 dadia yang tersebar di 4 desa di Kecamatan Manggis, dengan jumlah 950 kepala keluarga.

Ketua panitia upacara pengabenan menyebutkan, untuk ngaben massal dimulai dari tanggal 26 Juli 2022,  dan puncaknya tanggal 29 Juli 2022.

Lembu dan bade terbesar yang digunakan akan diusung ke setra atau kuburan oleh ratusan orang, Jumat siang, 29 Juli 2022.

 

 

 

 

#ngabenmassal  #sentanadalemtarukan  #kecamatanmanggis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x