Kompas TV nasional hukum

Terungkap Detik-detik Irjen Ferdy Sambo Masuk ke Rumah Duluan, Lalu Disusul Istrinya dan Brigadir J

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 04:46 WIB
terungkap-detik-detik-irjen-ferdy-sambo-masuk-ke-rumah-duluan-lalu-disusul-istrinya-dan-brigadir-j
Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam saat konferensi pers di kantor Komnas HAM, Rabu (27/7/2022) petang. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komnas HAM mengungkapkan detik-detik peristiwa yang terjadi di area rumah Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo, di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. pada Jumat, 8 Juli 2022.

Yaitu, sebelum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dinyatakan tewas dalam insiden baku tembak.

Peristiwa di sekitar area rumah Irjen Ferdy Sambo sebelum terjadi baku tembak hingga akhirnya Brigadir J dinyatakan tewas itu terekam dalam kamera pengawas CCTV.

Baca Juga: Tangis Histeris Ibunda saat Makam Brigadir J Digali: Tolong Kami Bapak Panglima...

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan pihaknya telah diperlihatkan sebanyak 20 video rekaman CCTV oleh tim siber dan forensik Polri.

Dari puluhan video CCTV itu, terdapat 27 titik yang memperlihatkan perjalanan rombongan Brigadir J yang mengawal istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dari Magelang, Jawa Tengah, hingga ke Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Kami diperlihatkan video jumlahnya ada 20 video, itu dari Magelang sampai area Duren Tiga," kata Choirul Anam dalam konferensi persnya di Jakarta pada Rabu (27/7/2022).

Menurut Choirul Anam, sesampainya di Duren Tiga, Brigadir J terekam masih hidup. Selain Brigadir J, tampak pula istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Baca Juga: Makam Brigadir J Mulai Dibongkar untuk Keperluan Autopsi Ulang, Diwarnai Tangis Histeris Ibunda

"Almarhum Yosua masih hidup," ucap Anam merujuk rekaman CCTV yang memperlihatkan perjalanan Brigadir J dari Magelang hingga rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga.

Tak hanya itu, CCTV di area Duren Tiga juga merekam ada Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo yang tampak masuk ke rumah dinasnya.

"Di area Duren Tiga, video CCTV memperlihatkan ada Irjen Sambo," ujar Anam.

Menurut Choirul Anam, setelah beberapa saat Irjen Ferdy Sambo memasuki rumah dinasnya, baru kemudian datanglah rombongan dari Magelang yakni istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang dikawal oleh Brigadir J.

Baca Juga: Hasil Penelusuran Komnas HAM, Terungkap Brigadir J Ditembak dari Jarak Segini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x