Kompas TV regional berita daerah

Dua Jemaah Haji Asal Bantul Pulang Lebih Dulu, Ini Alasannya

Rabu, 27 Juli 2022 | 15:58 WIB
dua-jemaah-haji-asal-bantul-pulang-lebih-dulu-ini-alasannya
Ilustrasi suasana makan jemaah haji di tempat konsumsi haji di Makkah (Sumber: Kemenag)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Dua jemaah haji asal Bantul pulang lebih awal dari tanah suci karena masalah kesehatan. Seharusnya, jemaah haji yang merupakan pasangan suami istri itu pulang ke Indonesia pada 28-29 Juli 2022.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ahmad Mustafid, pasangan suami istri itu pulang lebih awal pada Minggu (24/7/2022) kemarin. Alasannya, sang istri menemani suaminya yang sakit diabetes dan sempat menjalani operasi kaki di tanah suci.

“Walaupun pulang duluan, kedua jemaah haji itu sudah menjalani seluruh rangkaian ibadah haji, mengingat sahnya haji sampai 13 Juli atau 13 Dzulhijjah,” ujarnya, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Satu Orang Jemaah Haji Asal Magelang Meninggal di Pesawat

Terlebih, kedua jemaah itu juga sudah melaksanakan tawaf wada atau tawaf penutup, dengan demikian hajinya sudah sempurna.

Ia juga memastikan semua jemaah haji asal Bantul dalam kondisi sehat. Ada 441 jemaah haji yang kemarin diberangkatkan ke tanah suci dan dibagi menjadi dua kloter yakni kloter 19 dan 20. 

Rencananya, , jemaah haji kloter 19 asal Bantul direncanakan akan tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah pada Kamis (28/7/2022), sekitar pukul 16.50 WIB. Selanjutnya seluruh jemaah haji akan menjalani tes swab masal di asrama haji yang diperkirakan sampai pukul 19.30 WIB. Begitu dipastikan sehat, mereka akan dipulangkan ke Bantul dan diperkirakan akan tiba sekitar pukul 21.20 WIB.

Baca Juga: 391 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Aceh, 2 Orang Jemaah Meninggal Dunia di Tanah Suci

Sementara kloter 20 yang merupakan gabungan jemaah dari Bantul, Yogyakarta, dan Sleman akan tiba di Donohudan pada Jumat (29/7/2022), sekitar pukul 22.15 WIB. Setelah dilakukan screening jemaah haji akan dipulangkan ke Bantul dan diperkirakan tiba pada pukul 02.30 WIB.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x