Kompas TV nasional agama

Milad ke-47 Hari Ini, Profil dan Sejarah Berdirinya MUI, TNI-Polri Juga Ikut Terlibat

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 10:30 WIB
milad-ke-47-hari-ini-profil-dan-sejarah-berdirinya-mui-tni-polri-juga-ikut-terlibat
Ilustrasi Kantor MUI. MUI akan gelar milad ke 47. Inilah sejarah dan profil MUI(Sumber: Mu.or.id via kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada hari ini, Selasa 26 Juli 2022 bertepatan dengan hari lahir Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-47 tahun.

MUI berdiri pada tanggal 7 Rajab 1395 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 26 Juli 1975. Organisasi ini dilahirkan oleh para ulama di Jakarta.

Dikutip dari situs resmi, MUI adalah Wadah Musyawarah para Ulama, Zu’ama (pemimpin organisasi), dan Cendekiawan Muslim di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia.

Selama 47 tahun, MUI telah dipimpin oleh delapan ulama.

Mulai dari Buya Hamka yang dikenal sebagai ulama dari Muhammadiyah sebagai ketua umum pertama pada tahun 1975-1981 hingga sekarang dipimpin oleh KH Miftachul Akhyar dari Nahdlatul Ulama.

Untuk Milad ke-47 pada tahun ini, MUI menggelar beberapa acara yang digelar mulai hari ini, Selasa (26/7/2022).  

Puncaknya akan digelar pada malam nanti di Ballroom Hotel Sultan dan rencananya akan dihadiri Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. 

"Milad ke-47 Majelis Ulama Indonesia (MUI) diharapkan dapat menyatukan langkah bersama untuk mementingkan dan mendahulukan kemaslahatan masyarakat. Jadi kita sekarang ini menyatukan langkah, mendahulukan kemaslahatan umum daripada kepentingan pribadi dan kelompok," ujar Ketua MUI, Cholil Nafis yang sekaligus Ketua Panitia Milad ke-47 MUI dikutip dari situs resmi MUI. 

Untuk itulah, pada tahun ini, kata Cholil Nafis, MUI mengambil tema  “Merajut Kesatuan dan Kekuatan dalam Bingkai Kebhinekaan.”

Baca Juga: MUI Sebut Masih akan Kaji Ganja Medis dalam Lingkup Agama: Sifatnya Dinamis

Sejarah Berdirinya MUI



Sumber : Kompas TV/MUI.or.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x