Kompas TV nasional berita kompas tv

Presiden Divonis Bersalah Atas Kebakaran Hutan Indonesia

Kamis, 23 Agustus 2018 | 14:09 WIB

Majelis Hakim pada Pengadilan Tinggi Palangkaraya, Kalimantan Tengah memvonis Presiden Joko Widodo beserta 4 menteri, gubernur dan DPRD Kalimantan Tengah melakukan perbuatan melawan hukum dalam kasus kebakaran hutan dan lahan. Para tergugat dinyatakan bersalah atau lalai dalam bencana kabut asap yang terjadi pada 2015.

Seperti yang kami kutip dari laman Kompas.com. Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Palangkaraya ini menguatkan putusan tingkat pertama pada Pengadilan Negeri Palangkaraya. Para tergugat diperintahkan untuk menerbitkan Peraturan Pelaksana dari Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Vonis ini belum berkekuatan hukum tetap. Pihak tergugat yakni presiden dan pejabat lainnya melakukan langkah hukum kasasi. Perkara ini bermula dari kelompok masyarakat yang menggugat negara atas kasus karhutla.

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar | Editor : Sadryna Evanalia




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:12
BANGLADESH TUAI KONTROVERSI SETELAH MEMINDAHKAN PENGUNGSI ROHINGYA KE PULAU DATARAN RENDAH RAWAN BENCANA   AZERBAIJAN UMUMKAN HAMPIR 2.800 TENTARANYA TEWAS DALAM PERANG MELAWAN ARMENIA DI NAGORNO-KARABAKH   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,4 YANG GUNCANG KABUPATEN KARO, SUMUT, PADA JUMAT DINI HARI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH DKI JAKARTA HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA SORE HINGGA MALAM HARI INI   MENLU: 43 WARGA INDONESIA KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG BERHASIL DIPULANGKAN DARI SURIAH & UNI EMIRAT ARAB   MENAKER IDA FAUZIYAH MINTA SEMUA PERUSAHAAN MEMBERIKAN PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK BAGI PENYANDANG DISABILITAS   PSI BERHARAP FRAKSI LAIN SEGERA MENYATAKAN SIKAP SOAL USULAN KENAIKAN ANGGARAN RANCANGAN KERJA TAHUNAN DPRD DKI 2021   ANGGOTA DPRD DKI ENENG MALIANASARI BERHARAP MENHUB IKUT TURUN TANGAN SOAL PENGHAPUSAN RUTE LRT VELODROME-MANGGARAI   PUSAT PENGENDALIAN & PENCEGAHAN PENYAKIT AS (CDC): MASA KARANTINA PASIEN KORONA DIPERSINGKAT MENJADI 10 HARI    SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT SELALU PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SELAMA GELARAN PILKADA 2020 BERLANGSUNG   SATGAS COVID-19 MEWANTI-WANTI LONJAKAN KASUS KORONA SEUSAI PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020 DI 270 DAERAH   BANDUNG KEMBALI MASUK ZONA MERAH, PEMKOT AKAN MEMBERLAKUKAN PSBB PROPORSIONAL SELAMA 14 HARI KE DEPAN   SEKDA NONAKTIF BONDOWOSO, JAWA TIMUR, SYAIFULLAH POSITIF TERINFEKSI COVID-19   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT KAWASAN LASEM DI REMBANG, JATENG, SEGERA DIREHABILITASI PADA 2021