Kompas TV entertainment selebriti

Pernyataan Menohok Ridwan Kamil ke Baim Wong: Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week di Kemenkumham

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 12:51 WIB
pernyataan-menohok-ridwan-kamil-ke-baim-wong-cabut-pendaftaran-citayam-fashion-week-di-kemenkumham
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Baim Wong cabut pendaftaran HAKI untuk merek Citayam Fashion Week. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam akun Instagram pribadinya, meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk merek Citayam Fashion Week di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Ridwan Kamil menasehati Baim Wong, bahwa semua urusan tidak lantas dilihat dari sisi komersialnya.

Menurutnya, fenomena Citayam Fashion Week ini merupakan gerakan organik akar rumput yang tak dapat diformalkan. Harus berkembang secara natural dan organik.

Baca Juga: Sebelum Daftar Merek Citayam Fashion Week, Baim Wong 'Izin ke Menteri dan Dirut Sarinah'

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tulisan dalam akun Instagram Ridwan Kamil, Senin (25/7/2022).

Ridwan Kamil dalam akun itu lantas memberi penilaian bahwa Citayam Fashion Week tak harus dialihkan ke Sarinah, dijadikan sebagai podcast, atau go internasional. Melainkan, membiarkannya tumbuh menjadi fashion jalanan.

Menurutnya, Remaja SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) hanya membutuhkan ruang ekspresi. Pihak di luar komunitas hendaknya tidak ikut campur terlalu jauh dan ikut mengatur.

Jika pun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.” 

Baca Juga: Baim Wong Soal HAKI Citayam Fashion Week: Saya Hanya Butuh Kepercayaan Kalian

Pernyataan dalam akun Instagram Ridwan Kamil yang cukup menohok Baim Wong adalah agar tidak ikut mengurusi Citayam Fashion Week. Bahkan Baim Wong disarankan untuk mencabut pendaftaran HAKI untuk merek Citayam Fashion Week.

Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini (mendaftarkan Citayam Fashion Week).” 

Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.” 

Baca Juga: Ini Alasan Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham: Istri Saya Mengerti Dunia Fesyen

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Baim Wong pada 20 Juli 2022 lalu mengajukan permohonan kekayaan intelektual untuk merek Citayam Fashion Week melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment.

Tindakan Baim Wong yang juga tertulis di akun Instagramnya ini sontak langsung memicu perdebatan di media sosial, di mana komentar netizen didominasi kritikan dan hujatan.

Tak hanya Baim Wong, influencer Indigo Aditya Nugroho juga mengajukan permohonan dengan nama yang sama.

Dua pengajuan tersebut masih dalam proses dan pihak Kemenkumham akan memutuskan hasilnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x